Asus Dirumorkan Tutup Divisi Zenfone

Asus Zenfone 10.
Sumber :
  • The Verge

VIVA Tekno - Beberapa waktu lalu, lini dari Asus Zenfone kembali menuai pujian mengumumkan smartphone Zenfone 10 . Namun sayangnya rumor menyebutkan bahwa perusahaan sedang melakukan restrukturisasi internal dan sebagai bagian dari proses tersebut, departemen tertentu telah dikurangi, menurut laporan Technews Taiwan.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Salah satu korban malang dari penataan internal ini adalah divisi Zenfone yang dikabarkan telah ditutup. Karyawan yang bekerja di divisi ini telah diserap ke dalam tim ROG Phone dan bagian bisnis lainnya.

Laporan tersebut semakin menegaskan bahwa Zenfone 10 akan menjadi ponsel terakhir dalam seri Zenfone . Karena tim tersebut sudah tidak ada lagi, kecil kemungkinannya akan ada penerus ponsel ini.

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Rumor tersebut mengikuti kejadian lain di sekitar Zenfone . Awal bulan ini, Asus berhenti mengizinkan pembukaan kunci bootloader untuk pemilik Zenfone . Perusahaan menyatakan bahwa mereka tidak berhenti membuka kunci, hanya saja alat tersebut saat ini tidak tersedia.

Beberapa minggu yang lalu, anggota komunitas juga melihat bahwa Asus telah menghapus firmware Zenfone lama dari situsnya . Moderator komunitas menjawab bahwa raksasa teknologi asal Taiwan itu tidak lagi menyediakan versi firmware seperti sebelumnya atau paket downgrade untuk memastikan pengguna tetap menggunakan firmware terbaru.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Asus Zenfone 10.

Photo :

Jika benar, hilangnya jajaran Zenfone akan berdampak telak bagi ekosistem smartphone . Meskipun kita masih berharap untuk melihat lebih banyak ponsel bermerek ROG, jajaran Zenfone akan sangat dirindukan karena menghadirkan pengalaman Android yang bersih bagi pecinta ponsel kecil. 

Belum lagi sisi konsumen mendapat lebih banyak pilihan dengan kehadiran Zenfone . Namun perubahan tersebut mengartikan bahwa kita sedang menuju duopoli yang membosankan. Asus dapat membuat ponsel gaming yang lebih kecil dengan merek ROG Phone , namun kedua seri tersebut akan saling memakan di dalam ceruk pasar yang sama.

Perangkat yang baru diumumkan pada Juni kemarin itu berukuran 5,9 inci dan ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform bersama dengan memori LPDDR5X terbaru dan teknologi ROM UFS 4.0 untuk performa terbaik. Refresh rate 144 Hz pada Zenfone 10 akan memberikan warna ultravivid dan visual yang telah ditingkatkan dalam kemitraan dengan perusahaan yang memproses visual Pixelworks .

Sistem kamera pada Zenfone 10 telah ditingkatkan secara serius, menggabungkan 6- Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 terbaru dan algoritma video rock-steady . 

Kemampuan selfie juga telah ditingkatkan secara besar-besaran dengan kamera depan 32 MP yang menampilkan sensor RGBW dan piksel 1,4 mikrometer yang besar untuk mengambil gambar cahaya rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya