Jangan Olahraga Sendirian, Carilah Pendamping

Smartwatch Garmin.
Sumber :
  • Garmin

VIVA Tekno – Polusi udara dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, antara lain infeksi saluran pernapasan, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Hal ini juga dapat memperburuk gejala asma dan kondisi paru-paru lainnya. Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan polusi udara menyebabkan sekitar 7 juta kematian setiap tahunnya.

Olahraga penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan tingkat energi.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Namun, sebaiknya Anda tidak olahraga sendirian. Untuk melacak kemajuan tentu Anda memerlukan pendamping yang baik. Jam tangan pintar atau smartwatch Garmin menawarkan beragam fitur yang dapat membantu Anda melacak kebugaran dan kesehatan, bahkan saat Anda berolahraga di dalam ruangan.

Berikut fitur-fiturnya seperti dikutip dari siaran pers Garmin, Rabu, 30 Agustus 2023:

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Smartwatch Garmin.

Photo :
  • Garmin

    • Pemantauan detak jantung: Jam tangan pintar Garmin dapat melacak detak jantung Anda, yang merupakan indikator utama tingkat kebugaran Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Heart" menemukan bahwa orang yang rutin berolahraga memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, meskipun mereka tinggal di daerah dengan polusi udara tinggi.

    • Penghitungan langkah: Jam tangan pintar Garmin dapat menghitung langkah Anda, yang dapat membantu Anda melacak kemajuan Anda dalam mencapai sasaran kebugaran Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Medicine & Science in Sports & Latihan" menemukan bahwa orang yang mengambil lebih banyak langkah setiap hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah karena semua penyebab.

    • Penghitungan kalori: Jam tangan pintar Garmin dapat memperkirakan jumlah kalori yang Anda bakar selama berolahraga, yang dapat membantu Anda menciptakan defisit kalori dan menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Obesity” menemukan bahwa orang yang menurunkan berat badan melalui olahraga memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

    • Pelacakan tidur: Jam tangan pintar Garmin dapat melacak tidur Anda, yang dapat membantu Anda mengidentifikasi area di mana Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik, dan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Sleep" menemukan bahwa orang yang cukup tidur memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit kronis.

    • Pelacakan GPS: Beberapa jam tangan pintar Garmin memiliki pelacakan GPS, yang dapat digunakan untuk melacak lari, bersepeda, dan aktivitas luar ruangan lainnya. Ini dapat berguna untuk merencanakan latihan Anda dan melacak kemajuan Anda.

Hampir semua jam tangan pintar Garmin memiliki fitur-fitur yang disebutkan, misalnya seri wellness seperti Venu 2 Series dan Venu Sq 2. Perangkat ini mempunyai layar AMOLED sehingga pengguna dapat melakukan olahraga dalam ruangan seperti yoga, tabata, kardio, kekuatan, dengan bantuan animasi workout.

Yoga misalnya. Untuk memulai latihan animasi yoga, pilih latihan yang Anda inginkan dari aplikasi Garmin Connect atau latihan yoga yang dimuat sebelumnya di jam tangan Anda. Latihan akan mulai diputar di jam tangan, dan Anda dapat mengikuti petunjuk di layar.

Pengguna yang lebih menyukai jam tangan persegi dapat merujuk ke Venu Sq 2 juga dengan layar AMOLED dan masa pakai baterai 12 hari dalam mode smartwatch. Venu Sq 2 juga menawarkan Music Edition di mana Anda dapat menyimpan hingga 500 lagu dan mendengarkan secara nirkabel melalui headset dengan jam tangan sebagai pengendali.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan dalam ruangan di Garmin Venu Sq 2, Anda dapat menggunakan latihan yang sudah dimuat di jam tangan pintar atau mengunduh latihan pilates dari Aplikasi Garmin Connect. Lalu, pilih “Latihan” di aplikasi, lalu pilih “Buat Latihan” dan pilih jenis aktivitas Pilates.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya