Realme Buds Air 5: Juara 'Noise Cancellation' di Kelasnya

Realme Buds Air 5.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Baru-baru ini, pabrikan Realme merilis dua smartphone baru dan ekosistem AIoT (artificial intelligence of things) yang salah satunya Realme Buds Air 5TWS (true wireless stereo) yang mengintegrasikan 3 teknologi peredam bising.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Dijelaskan bahwa perangkat ini membawa 50dB Active Noise Cancellation pertama di segmen harganya, 4.000Hz Ultra-wide Band Noise Cancellation, dan 6-mic Call Noise Cancellation, yang akan memberikan pengalaman peredam bising maksimal.

Peredam bisingnya disebut-sebut bisa mengurangi kebisingan 267 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang memiliki kedalaman pengurangan kebisingan 42dB.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Selain itu, perangkat audio tersebut juga memberikan kualitas suara yang tinggi melalui driver mega titanizing 12,4mm, dynamic bass boost, dan desain rongga belakang yang terpisah.

TWS anyar ini dibekali baterai berkapasitas besar yang memberikan daya tahan hingga 38 jam. Dengan waktu pemutaran tersebut pengguna dapat mendengarkan musik selama lima jam sehari tanpa perlu mengisi ulang baterai selama seminggu.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

VIVA Tekno diberi kesempatan untuk melakukan ulasan terhadap Realme Buds Air 5. Berikut penjelasannya:

Desain

Realme Buds Air 5.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Perangkat hadir dalam wadah kokoh dengan berat sekitar 45,5 gram. Selain varian warna Arctic White, ada juga Deep-Sea Blue. Casing memiliki finishing yang halus dan mengkilap.

Ada port pengisian USB-C di bagian bawah. Bersamaan dengan itu, pabrikan asal China ini juga menambahkan tombol pairing yang harus ditekan selama tiga detik untuk masuk ke 'mode berpasangan'.

Tutupnya terbuka dan memiliki engsel yang relatif kokoh. TWS punya bobot ringan, sementara desain serta batangnya terasa pas di saluran telinga.

Buds ini dilengkapi dengan sertifikasi kedap air IPX5, yang berarti tahan terhadap hujan lebat dan dapat digunakan untuk berolahraga.

Bluetooth v5.3 dan Google Fast Pair

Realme Buds Air 5.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah


Google Fast Pair akan memasangkan gadget dengan ponsel Android dengan mudah. Pertama, pengguna harus menekan dan menahan tombol pairing selama tiga detik untuk masuk ke mode pairing.

Kemudian, pengguna perlu mengaktifkan Bluetooth di ponsel, membuka wadah pengisi daya, lalu ikuti petunjuk pop-up Google Fast Pair.

Sedangkan, pengguna iPhone harus mengikuti prosedur pemasangan reguler. Terdapat konektivitas yang kuat dan stabil dengan Bluetooth v5.3 terbaru di perangkat, dan dengan latensi rendah 45 ms, hampir tidak ada jeda antara audio dan video.

Peredam kebisingan dan mode transparan

Realme Buds Air 5.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Ketika buds dipasang di telinga, ini akan secara otomatis mengaktifkan peredam bising aktif sebesar 50 dB. Pengguna akan benar-benar dapat merasakan kebisingan sekitar diturunkan secara signifikan.

Ini juga memiliki fungsi memutar atau menjeda musik serta menjawab atau mengakhiri panggilan. Dengan mengetuknya tiga kali, pengguna dapat melompat ke trek berikutnya, dan dengan mengetuk dan menahan selama beberapa detik, kita dapat menolak panggilan masuk atau mengubah mode kontrol ke mode peredam bising (noise cancelling) atau transparan.

Salah satu bagian terbaik perangkat ini adalah 'area sentuh' khusus yang memiliki tekstur berbeda. Membuat seseorang dapat dengan mudah menemukan 'area sentuh' saat menggunakan bud, dan bisa dibilang cukup responsif.

Pengulas menggunakan buds saat bepergian pada jam-jam sibuk, dan itu benar-benar membungkam banyak kebisingan di sekitar. Noise cancelling untuk harga yang ditawarkan ini sudah sangat bagus.

Suara dan mikrofon

Realme Buds Air 5.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Dikombinasikan dengan fitur peredam bising, driver mega-titanizing 12,4mm dan bass dinamis, ini benar-benar meningkatkan pengalaman mendengarkan musik.

Kejernihan, bass, dan nada-nada gitar terdengar mengesankan. Mengenai mikrofon, fitur 6-mic Call Noise Cancellation bekerja dengan cukup baik, dan lawan bicara dapat mendengar dengan jelas. Meski terkadang kebisingan bisa masuk, namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena sangat minim.

Baterai dan Pengisian Daya

Realme Buds Air 5.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Setelah hampir dua jam digunakan setiap hari, dayanya masih tersisa 50–60 persen. Ini tercatat mempunyai baterai 460mAh di dalam casing dan baterai 43mAh yang membantu membuatnya bertahan lama.

Selain itu ada juga port pengisian daya Type-C yang mendukung pengisian cepat. Setelah mengisi daya selama 10 menit, Realme Buds Air 5 dapat dengan mudah bertahan selama 7 jam.

Kesimpulan

Realme Buds Air 5.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Dengan banderol harga Rp700 ribu, Realme Buds Air 5 bisa membuat pengulas merasa terkesan karena mikrofon bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik. Tidak hanya itu, Realme juga telah mencapai titik terbaiknya dengan suara, peredam bising, kontrol sentuh, dan cadangan baterai pada perangkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya