Serba-serbi iPhone 15 yang Sebentar Lagi Meluncur

Apple iPhone 14.
Sumber :
  • 9to5mac.com

VIVA Tekno – Acara 'Wonderlust' Apple yang diadakan pada 12 September 2023 hampir tiba. Bukan rahasia lagi bahwa acara tersebut akan menghadirkan iPhone baru.

Masyarakat Belum Mau Beli iPhone Baru

Rumor mengenai iPhone 15 sudah lama beredar dan kita memiliki gambaran bagus tentang apa yang dibawa Apple selanjutnya.

iPhone 15 series

How to Stop Receiving Whatsapp Chats without Blocking

iPhone 15 kemungkinan punya varian reguler, versi Plus serta dua teratas yakni iPhone 15 Pro serta Pro Max. Untuk tahun ini, varian Pro Max akan jadi ponsel yang lebih canggih berkat lensa zoom periskop.

USB-C

Aktor Bollywood Hrithik Roshan Kritik Iklan Terbaru Apple

Berkat Uni Eropa, Apple akhirnya mengikuti perkembangan zaman dan akan memasang port USB-C universal di iPhone. Sebagian besar perangkat mereka telah mengadopsi port USB-C, bahkan MacBook dan iPad Pro milik Apple.

Namun, iPhone 15 Pro bisa mendapatkan akses ke kecepatan USB yang lebih cepat dibandingkan model biasa. Rumor mengatakan bahwa iPhone 15 Pro dan Pro Max bisa mendapatkan kecepatan USB 3.2, bahkan dukungan Thunderbolt.

Ilustrasi Type-C dengan kabel Lightning.

Photo :
  • Mac Rumors

Itu berarti iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan memiliki kecepatan USB 2.0 yang mencapai 480Mbps, sedangkan Pro akan memiliki kecepatan USB 3.2 20Gbps atau bahkan mungkin 40Gbps Thunderbolt.

Bingkai titanium

Ponsel varian Pro akan menggunakan paduan titanium baru untuk sasisnya, tidak lagi baja tahan karat yang digunakan selama ini. Titanium memiliki beberapa keunggulan dibandingkan baja tahan karat - lebih kuat dan yang terpenting, lebih ringan.

Gadget yang berlapis titanium baru mungkin memiliki lapisan logam yang disikat, bukan model iPhone Pro yang dicerminkan saat ini.

Itu akan dilapisi warna biru tua yang baru, serta abu-abu perak yang lebih terang, hitam pekat dan titanium alami. Mungkin saja tidak ada model emas di tahun ini, menurut situs GSM Arena, Senin, 11 September 2023.

Bezel lebih tipis

iPhone 15 Pro dan Pro Max akan mempertahankan layar 6,1 inci dan 6,7 inci, tetapi displaynya mungkin lebih cerah, memiliki pengontrol LTPO yang lebih efisien, serta bezel yang lebih tipis.

Render iPhone 15 series.

Photo :
  • Macotakara

Rumornya, bezel akan menyusut dari 2,17 mm menjadi 1,55 mm, yang menjadikan iPhone 15 Pro sebagai ponsel dengan bezel paling tipis.

Chip A17 serta RAM 8 GB

Sementara model iPhone 15 akan mendapatkan SoC A16 yang dirilis tahun lalu, model teratas akan beralih ke A17 yang revolusioner. Ini adalah chipset pertama yang dibangun pada proses 3nm dan akan memberikan peningkatan kinerja pemrosesan sebesar 10 hingga 15 persen dan efisiensi hingga 30 persen lebih baik.

A17 akan memiliki prosesor 6-core dan GPU 6-core, 1 core lebih banyak dari grafis pada chip A16. Apple kemungkinan akan memasangkan chip baru tersebut dengan RAM 8GB -naik dari iPhone 14 Pro yang punya 6GB.

Kamera ultra wide

iPhone 15 Pro dan Pro Max diharapkan tetap menggunakan kamera utama 48MP IMX803 tetapi mendapatkan ultrawide 13,4MP f/2.2 baru dengan lensa 7p yang superior.

Varian Pro diharapkan mempertahankan zoom 12,7MP f/2.8 3x dari tahun lalu, namun meningkatkan kualitas gambar melalui penyesuaian perangkat lunak atau software.

Zoom periskop untuk Pro Max

Perbedaan utama antara kedua ponsel ini adalah zoom periskop baru yang eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max. Model dengan ukuran terbesar adalah satu-satunya yang mampu menampung ruang periskop yang lebih besar.

iPhone 15 dilaporkan hadir tanpa notch, takik atau poni.

Photo :
  • 9to5Mac

Ini akan menjadi kamera zoom 5x atau 6x dan Apple dapat melampauinya melalui zoom digital, mirip dengan Samsung dan lainnya. Beberapa laporan menyarankan sensor dapat berukuran 1/2.9 inci akan relatif terang pada bukaan f/2.8.

Karena ukuran zoom, Apple mungkin mengatur ulang beberapa lensa untuk mendapatkan komponen yang paling pas di bagian dalam.

Kenaikan harga

Laporan menunjukkan bahwa Apple mungkin menaikkan harga iPhone 15 Pro dan Pro Max untuk mengatasi penurunan penjualan. Diharapkan kenaikan harga sekitar US$100 (Rp1,5 juta) per model dan tentunya lebih dari itu untuk di luar AS.

Sisi positifnya, model Pro dapat membuang opsi dasar 128 GB dan beralih ke 256 GB, yang sebenarnya berarti harganya masih setara dengan penyimpanan yang sama.

iPhone 15 Pro Max diluncurkan Oktober

Apple akan mengumumkan seri iPhone 15 pada 12 September. Kemudian model tersebut akan pre-order pada 15 September dan diluncurkan di negara gelombang pertama pada 22 September. Namun iPhone 15 Pro Max mungkin tertunda hingga Oktober karena masalah pasokan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya