Pemerintah Prancis Larang Penjualan iPhone 12

Seri iPhone 12.
Sumber :
  • 9to5Mac

VIVA Tekno – Regulator Prancis pada hari Selasa memerintahkan Apple untuk menghentikan penjualan iPhone 12 karena memancarkan terlalu banyak radiasi elektromagnetik dan untuk memperbaiki ponsel yang masih ada.

Apple Bagi-bagi Undangan

Badan pengatur frekuensi radio Prancis, ANFR, mengatakan bahwa pengujian menemukan iPhone 12 memancarkan lebih banyak gelombang elektromagnetik yang rentan diserap tubuh daripada yang diizinkan.

ANFR mengatakan pihaknya memerintahkan Apple untuk menghapus iPhone 12 dari pasar mulai 12 September karena model tersebut melebihi batas penyerapan elektromagnetik oleh tubuh.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Dikatakan, laboratorium terakreditasi telah menemukan penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh sebesar 5,74 watt per kilogram selama pengujian yang disimulasikan ketika ponsel dipegang di tangan atau disimpan di saku.

Standar Eropa menyebut tingkat penyerapan hingga 4,0 watt per kilogram dalam pengujian tersebut, melansir dari laman France24, Rabu, 13 September 2023.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

iPhone 12 mini

Photo :
  • flickr

“Mengenai ponsel yang sudah terjual, Apple harus secepatnya mengambil tindakan korektif agar ponsel yang terdampak mematuhi peraturan,” kata ANFR dalam pernyataan di situs resminya.

Jika tidak, Apple harus menariknya kembali. ANFR mencatat, pengujian yang mengukur radiasi elektromagnetik yang diserap pada jarak lima sentimeter telah melewati batas 2,0 watt per kilogram.

ANFR mengatakan agennya akan memverifikasi mulai Rabu bahwa model iPhone 12 tidak lagi ditawarkan untuk dijual di Prancis. Apple sendiri belum memberikan komentar langsung.

Regulator di sejumlah negara memiliki batasan jumlah radiasi elektromagnetik yang dapat dipancarkan ponsel untuk mencegah dampak buruk terhadap kesehatan.

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan di situs webnya bahwa berdasarkan sejumlah besar penelitian, tidak ada dampak buruk terhadap kesehatan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya