Apakah iPhone 15 Cocok untuk Gamer?

Warna baru iPhone 15.
Sumber :
  • 9to5Mac

VIVA Tekno – Apple resmi meluncurkan lini iPhone 15 dengan memboyong chipset terkuat mereka saat ini, Bionic A17 Pro, yang memungkinkan para gamer berpindah hati. Benarkah?

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

Para penggemar kebanyakan menyoroti rangka baru perangkat ini yang terbuat dari titanium dan bukan lagi besi stainless, atau tipe charging port yang bukan lagi lightning melainkan USB type-C.

Namun, ambisi Apple dalam dunia game nampaknya sangat menarik, terutama bagi gamer yang kerap menimbang membeli iPhone atau ponsel gaming berbasis Android. Sejak peluncuran Apple Arcade pada 2019, Apple telah berusaha menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap para gamer.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Namun, tahun ini, di bawah arahan Tim Cook sang CEO, akhirnya Apple nampaknya serius mengubah perangkatnya untuk gaming. Apple juga sebelumnya tidak pernah mengklaim bahwa gawainya diperuntukkan untuk gaming, meski performanya lebih dari cukup untuk itu.

Apple dengan percaya diri menyebut perangkatnya sebagai platform gaming mobile terbaik di dunia. Bahkan, mereka juga menampilkan demo game MOBA, yang kini dijadikan kategori eSports dunia.

Laptop Ini Bisa Bikin Nyaman Mata Pengguna

“iPhone adalah platform gaming mobile terbaik di dunia yang dibekali kekuatan performa berdaya tinggi dari Apple Silicon. Bionic A17 Pro membawa platform luar biasa ini lebih jauh lagi, meletakkan fondasi mobile gaming ke generasi baru," klaim Apple pada peluncuran iPhone 15 di Apple Event melalui saluran YouTube resminya.

Masuk ke bagian paling menariknya, iPhone 15 Pro akan mampu menjalankan game-game PC dan console seperti Division, Resident Evil 4, Resident Evil Village, hingga Assasin’s Creed. Kabar yang cukup mencengangkan bagi pecinta game.

Ini adalah berkat chipset Bionic A17 Pro dan teknologi ray tracing yang kinerjanya didongkrak hingga empat kali lebih cepat dari sebelumnya.

Hanya tersedia di jajaran seri Pro, yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, chipset Bionic A17 Pro diklaim menjadi chip 3 nm pertama di industri ponsel.

CPU-nya diklaim lebih cepat 10 persen dari generasi pendahulu, sementara untuk GPU-nya berperforma lebih baik sebanyak 20 persen.

Dengan membawa enam inti, dapur pacu ini memungkinkan pengguna mendapatkan kinerja aplikasi lebih baik serta efisiensi daya lebih optimal. "Menakjubkan bila membayangkan game-game tersebut berjalan di perangkat yang masuk pada saku," jelas Apple.

iPhone 15 Pro dipasarkan mulai US$999 atau setara Rp15,3 juta tersedia dengan empat pilihan memori penyimpanan atau ROM yakni 128GB, 256GB, 512GB, serta 1TB.

Sementara itu untuk iPhone 15 Pro Max akan tersedia mulai harga US$1.199 atau setara Rp18,4 juta dan tersedia dengan tiga pilihan memori penyimpanan 256GB, 512GB, serta 1TB.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya