iPhone 15 Paksa Operator Seluler di Indonesia Implementasi eSIM

SVP Head of Brand Management and Strategy IM3 Fahroni Arifin.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchinson (IOH) melalui merek IM3 gencar mempromosikan eSIM (Embedded SIM).

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

Secara tidak langsung hal ini dipengaruhi oleh peluncuran iPhone 15 yang dikatakan sudah sepenuhnya eSIM.

Menurut SVP Head of Brand Management and Strategy IM3 Fahroni Arifin, iPhone 15 yang tidak lagi memiliki kartu SIM, memaksa seluruh operator seluler di seluruh dunia untuk mengimplementasikan kartu SIM digital.

Apple Bagi-bagi Undangan

"Teknologi ini sudah menjadi semacam gerakan bersama dan akan menjadi teknologi masa depan," katanya di Jakarta, Senin, 18 September 2023.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa eSIM ini sudah fully embed dengan chipset, sehingga bisa mengurangi ketebalan gadget, komponen, harga dan teknologi yang lebih merata.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Meski belum bisa dipastikan apakah semua operator seluler akan terpengaruh dengan konsep anyar iPhone 15, tapi secara logika, eSIM merupakan teknologi yang akan digencarkan dalam beberapa bulan mendatang.

iPhone 15 Pro Max.

Photo :
  • Engadget

"Cuma IM3 ini kesiapannya lebih awal. Memang dulu ada operator lain yang sudah mengadopsi eSIM, tapi masih ada keterbatasan device," lanjutnya.

Roni menjelaskan bagi pengguna yang ingin mengganti eSIM bisa langsung datang ke gerai atau melalui website IM3. Layanan tersebut sudah sepenuhnya digital, sehingga pengguna akan mendapatkan eSIM melalui email dalam bentuk barcode.

"Kalau misalnya HP-nya bisa eSIM, nanti tinggal register, dapat eSIM di email. Kemudian scan barcode dan otomatis sudah langsung masuk. Kartunya langsung cabut sudah tidak butuh lagi," jelasnya.

Layanan penggantian eSIM ini juga akan tersedia di festival musik Pestapora yang diadakan pada 22-24 September besok, di Jakarta International Expo. Pengunjung hanya diharuskan mengisi nomor KTP dan KK (Kartu Keluarga).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya