AMD Umumkan Prosesor yang Dukung Kinerja AI

AMD umumkan prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Baru saja AMD mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile beserta jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat. Teknologi ini untuk mendukung seluruh kebutuhan transformasi AI dan data center di era digitalisasi.

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Prosesor ini dijelaskan menghadirkan core 'Zen 4c' ke dalam CPU yang dirancang khusus, memungkinkan penyedia hardware untuk menciptakan platform yang hemat energi dan terdiferensiasi untuk mendukung aplikasi dari sisi kecerdasan, seperti ritel, manufaktur, telco, hingga ke data center untuk layanan cloud, penyimpanan dan lainnya.

“AMD berkomitmen untuk terus berinovasi bagi bisnis dengan menghadirkan pengalaman komputasi yang unggul, baik bagi pengguna laptop maupun pelanggan data center," kata Alexey Navolokin, Director of Commercial Sales AMD Asia Pacific Region, di Jakarta, Rabu, 20 September 2023.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, Ryzen PRO 7040 Series akan mendukung laptop komersial terbaru, memanfaatkan arsitektur AMD Zen 4 dan RDNA 3 untuk memberikan kinerja dan daya tahan baterai. 

Selain itu, AMD juga menawarkan mesin AI Ryzen untuk mempercepat beban kerja AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan) bersama dengan teknologi AMD PRO untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan pengelolaan.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Prosesor AMD.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

"Pasalnya saat ini proses bisnis yang berjalan di segala sektor mulai dari manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga layanan publik tak asing lagi dengan adopsi AI sebagai salah satu pendorong dalam era transformasi industri," ujarnya.

Inovasi teknologi AI dapat digunakan untuk mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, bahkan penurunan biaya operasional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pengguna. 

"Kedepannya, melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, teknologi AI tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk dapat diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat," tambahnya.

Kepadatan core yang tinggi memungkinkan AMD EPYC Generasi Keempat memberikan kinerja terdepan di industri. Berkat arsitektur Zen terbaru dan teknologi proses terdepan, AMD EPYC juga menawarkan efisiensi energi.

Sementara itu jajaran EPYC Generasi Keempat dengan Prosesor AMD EPYC 8004 akan memberikan efisiensi dan kinerja pada data center tradisional, memberikan kinerja seimbang dan mengoptimalkan penghematan untuk penerapan intelligent edge.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya