Ini Dia Masalah Utama iPhone 15, Masih Tetap Ingin Beli?

iPhone 15 Pro Max.
Sumber :
  • Engadget

VIVA Digital – Para pemilik iPhone 15 telah memiliki perangkat baru yang kini menjadi primadona dalam beberapa minggu. Sebagian besar orang mengatakan hal-hal positif tentang iPhone 15, namun tak sedikit pula yang komplain mengenai masalah-masalah di produk Apple ini.

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

Faktanya, ada sejumlah masalah yang dilaporkan secara luas pada iPhone 15. Untungnya, sebagian besar masalah ini dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak dan Apple.

Melansir beberapa sumber, ini tiga masalah yang dimiliki oleh Iphone 15:

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Overheating atau Terlalu Panas

Pengguna iPhone 15 melaporkan bahwa perangkat mereka menjadi terlalu panas saat digunakan. “Kami telah mengidentifikasi beberapa kondisi yang dapat menyebabkan iPhone menjadi lebih panas dari yang diperkirakan,” kata Apple dari sebuah pernyataan.

Apple Bagi-bagi Undangan

“Pertama, panas berlebih dapat terjadi pada beberapa aplikasi pihak ketiga yang baru saja diperbarui, menyebabkan aplikasi tersebut “membebani sistem secara berlebihan,” kata perusahaan itu. Aplikasi tersebut termasuk Instagram, Uber, dan game balap arcade Asphalt 9.

“Kami sedang bekerja sama dengan pengembang aplikasi ini untuk melakukan perbaikan yang sedang dalam proses peluncuran,” lanjut Apple.

Beberapa pengguna juga berkaya bahwa merekam video 4K berkualitas tinggi dan intensif juga dilaporkan menyebabkan masalah termal. Yang lain bahkan mengatakan bahwa bahkan hanya mengisi daya perangkat saja bisa menyebabkan iPhone 15 panas. Beberapa laporan menyatakan bahwa ponsel menjadi sangat panas sehingga tidak nyaman untuk dipegang saat melakukan panggilan telepon.

Menambah testimoni, outlet teknologi Android Authority memutuskan untuk menguji masalah panas berlebih dan menemukan bahwa iPhone 15 bekerja jauh lebih panas daripada perangkat seluler terbaru dari Google dan Samsung.

Apple kemungkinan dapat memperbaiki setidaknya beberapa masalah panas berlebih dengan pembaruan perangkat lunak atau IOS.

Namun, analis teknologi Ming-Chi Kuo mengklaim masalah panas berlebih kemungkinan disebabkan oleh kompromi yang dibuat pada desain termal iPhone 15 baru untuk “mencapai bobot yang lebih ringan.” Untuk saat ini, pengguna iPhone harus menunggu untuk melihat bagaimana Apple akan mengatasi hal ini.

2. iOS yang Lambat

Beberapa pengguna iPhone 15 juga mengeluhkan kelambatan atau gerakan terputus-putus saat menggunakan ponsel. Kemungkinan besar masalah ini lebih terkait dengan iOS 17 yang baru diluncurkan. Selain itu, banyak aplikasi yang mungkin belum meluncurkan pembaruan untuk iOS 17 atau iPhone baru, jadi pengalaman perangkat lunak apa pun yang terdegradasi terkait hal tersebut akan diperbaiki segera setelah pembaruan tersebut dikeluarkan.

3. IPhone 15 Lebih Mudah Rusak

Bisa dibilang, masalah terbesar yang dihadapi jajaran baru iPhone 15 adalah daya tahan perangkatnya. Ini adalah sesuatu yang ada di setiap ponsel dan tidak bisa diselesaikan dengan pembaruan perangkat lunak.

Beberapa pengguna lama iPhone mengatakan bahwa saluran telepon andalan generasi baru lebih mudah rusak dibandingkan model lama. YouTuber JerryRigEverything, misalnya, menjadi viral karena video yang dia buat menguji ketahanan iPhone 15 baru. Sepertinya iPhone baru, khususnya iPhone 15 Pro Max, tidak lulus pengujiannya.

Dalam video yang dibagikan secara luas, JerryRigEverything memberi tekanan pada perangkat dengan mendorongnya menggunakan jari, dan bagian belakang iPhone 15 dengan cepat dan mudah retak.

Selanjutnya, Sam Kohl dari AppleTrack melakukan uji jatuh pada iPhone 15. Kohl menemukan bahwa iPhone 14 lama jauh lebih baik menangani kejatuhan daripada iPhone 15. Faktanya, iPhone 15 Pro sama sekali tidak dapat digunakan setelah serangkaian uji jatuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya