Jangan Bingung, Ini Bedanya Headphone-Earphone-Airpods dan Earbuds

Ilustrasi headphone.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Ketika berbicara tentang perangkat audio, terdapat berbagai jenis perangkat yang bisa digunakan, seperti headphone, earphone, airpods, dan earbuds

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Perangkat audio ini tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Entah hanya untuk mendengarkan musik, kebutuhan bekerja, dan lain sebagainya. Lantas, apa bedanya dari keempat jenis audio ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Headphone 

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Bose Noise Canceling Headphones 700

Photo :
  • Dok: Bose

Headphone adalah perangkat untuk mendengarkan audio yang tidak dilengkapi dengan mikrofon, sehingga kamu tidak bisa menggunakannya untuk komunikasi lewat online.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Desain dari headphone umumnya disesuaikan dengan bentuk kepala, dengan bantalan yang besar pada bagian telinga. Hal ini membuat suara menjadi lebih jernih dengan mengurangi gangguan dari luar. 

Biasanya, headphone digunakan oleh mereka yang sedang membaca buku, musisi saat rekaman, disc jockey (DJ) yang memutarkan musiknya, dan lain sebagainya. Kini, headphone tersedia dalam dua pilihan: tanpa kabel (wireless) dan dengan kabel (wired).

2. Earphone

Ilustrasi earphone

Photo :
  • Pixabay

Earphone merupakan perangkat audio yang memiliki bentuk lebih kecil dibanding headphone atau headset. Kalau headphone hanya untuk mendengarkan musik, beda dengan earphone yang bisa digunakan untuk komunikasi.

Earphone diletakkan langsung di dalam telinga dan biasanya memiliki kabel yang terhubung ke smartphone. Meskipun demikian, earphone bisa digunakan pada berbagai perangkat seperti tablet, laptop, dan komputer. 

Mikrofon pada earphone biasanya berada di kabelnya. Namun, kini banyak earphone tanpa kabel yang terhubung via bluetooth, memberikan kenyamanan bagi pengguna, terutama saat berolahraga. 

Dibandingkan dengan headphone dan headset, earphone tidak dilengkapi dengan peredam suara, sehingga suara luar bisa mengganggu pendengaran.

3. Airpods

Apple AirPods.

Photo :

Apple meluncurkan AirPods pada 2016 dengan desain tanpa kabel, dikenal sebagai true wireless. Baterai dan kualitas audio produk ini diklaim unggul. 

AirPods memiliki mikrofon yang bisa menyaring kebisingan, sangat berguna saat panggilan, mendengarkan musik, atau menikmati konten. Selain itu, AirPods bisa terkoneksi dengan asisten virtual Apple, Siri. 

Pada 2019, setelah kesuksesan awal, Apple merilis AirPods generasi kedua, yaitu AirPods 2. Meski desainnya mirip dengan generasi pertama, AirPods 2 dilengkapi dengan chip H1 yang memudahkan aktivasi Siri hanya dengan berkata "Hey Siri".

4. Earbuds

Bose QuietComfort Earbuds

Photo :
  • Dok: Bose

Earbuds, yang termasuk dalam keluarga earphone, adalah alat audio yang dirancang untuk masuk ke lubang telinga langsung. Desainnya yang pas membuatnya tetap di tempat saat dipakai.

Dulu, earbuds menggunakan kabel untuk mengirimkan suara. Namun, dengan kemajuan teknologi, kini banyak earbuds nirkabel seperti TWS.

Meski penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan ketidaknyamanan karena kontak langsung bodi plastik dengan kulit, mayoritas earbuds saat ini dirancang agar lebih nyaman di telinga.

Itulah perbedaan dari headphone, earphone, airpods dan earbuds. Kalau kamu lebih suka jenis audio yang mana?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya