Xiaomi akan Mengganti MIUI dengan HyperOS, Smartphone Mana yang Beruntung

Bocoran desain Xiaomi 14.
Sumber :
  • Onleaks

VIVA Tekno – Xiaomi pada Selasa, 17 Oktober 2023 mengumumkan akan pindah ke sistem operasi berbasis Android baru bernama HyperOS, yang akan debut secara global dengan smartphone seri Xiaomi 14.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Dikabarkan jika sistem operasi baru ini dijadwalkan tiba akhir tahun ini di China, sementara rilis global akan dilakukan pada minggu awal tahun depan.

Wakil Presiden Xiaomi Global, Alvin Tse memposting di X (sebelumnya Twitter) bahwa sistem operasi baru ini secara bertahap akan menggantikan OS MIUI Xiaomi di semua perangkat.

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Xiaomi HyperOS

Photo :
  • Business Standard
Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

HyperOS tidak hanya akan mem-boot smartphone Xiaomi tetapi secara bertahap akan memberi daya pada seluruh ekosistem perusahaan termasuk perangkat rumah dan perangkat yang dapat dikenakan.

CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan bahwa sistem operasi baru ini didasarkan pada integrasi OS Android dan kemajuan perangkat lunak milik perusahaan.

“Ini akan mempersiapkan basis publik untuk Internet Segalanya untuk miliaran perangkat dan miliaran koneksi di masa depan”, kata Lei Jun, dikutip dari Business Standard, Rabu, 18 Oktober 2023.

CEO Xiaomi, Lei Jun

Photo :
  • Xiaomi

Perusahaan telah mengonfirmasi bahwa HyperOS akan boot-up pada Xiaomi 14 mendatang, yang diperkirakan akan diluncurkan di China bulan depan. Namun, tidak ada informasi yang tersedia tentang seperti apa tampilan sistem operasi dalam hal antarmuka.

Dikutip dari Gsmarena, persiapan Xiaomi HyperOS dimulai pada tahun 2014 ketika dunia IoT mulai bermunculan. Perusahaan menetapkan langkah pertamanya pada 2017 dan kemudian mulai mengembangkan ekosistem baru untuk perangkat dan aplikasi. 

Tujuannya adalah untuk menghubungkan “puluhan miliar perangkat” di masa depan, dan langkah pertama adalah seri Xiaomi 14.

CEO Xiaomi Lei Jun berharap, ponsel Xiaomi di masa depan akan diluncurkan dengan HyperOS, sementara perangkat andalan lama dan perangkat premium akan menerima pembaruan OTA, meskipun perusahaan tidak memiliki jalur terbaik untuk memutakhirkan ponsel lama dengan perangkat lunak modern.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya