Para Penantang Samsung dan Oppo soal Ponsel Lipat

Ponsel lipat Oppo Find N.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Jakarta – Ponsel lipat menjadi perbincangan hangat di industri ponsel pintar saat ini. Menurut data Counterpoint, pengiriman ponsel lipat meningkat hingga 64 persen pada kuartal I 2023 dibanding tahun sebelumnya, mencapai total 2,5 juta unit di seluruh dunia.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Bahkan di Indonesia, minat konsumen terhadap ponsel lipat semakin kuat, terbukti dari penelusuran kata kunci "HP Lipat" yang meningkat lebih dari 56 persen di YouTube dan mesin pencari selama tahun 2023 dibanding tahun sebelumnya.

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Rander ponsel lipat Samsung

Photo :
  • Instagram/@alpha.tech

Produsen yang terkenal dengan ponsel lipat ialah Samsung dan Oppo, Tetapi ternyata ada lho yang produsen telepon pintar yang sudah dan bakal mengeluarkan Ponsel lipat yang ‘mungkni’ bakal menjadi penantang Samsung dan Oppo kedepannya. Apa Saja? Simak informasinya sebagai berikut:

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Vivo X Flip

Ponsel lipat Vivo X Fold.

Photo :
  • The Verge

Hadirnya ponsel ini memang bukan rilis di Indonesia, namun cukup menarik perhatian. Sebab, ponsel lipat yang rilis pada April 2023 itu menggunakan jantung pacu Snapdragon 8+ gen 1.

Bicara desainnya pun terbilang unik, karena layarnya juga besar seperti punya Samsung Galaxy Z Flip 5. Baca Juga: Nokia Magic Max 2023 5G, Ponsel Viral Spek Gahar Mirip iPhone Soal kameranya juga tak main-main, dengan menggandeng ZEISS hadir menawarkan kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 12 MP.

Smartphone ini hanya dipasarkan di Cina dan dijual seharga 5.999 Yuan (Rp13 juta) untuk model RAM dan ROM 12GB/256 GB dan 6.699 (Rp14,5 juta) Yuan untuk model 12GB/512 GB.

One Plus Open

Ponsel lipat Oppo Find N 5G.

Photo :
  • OM Mercato

One Plus Open, ponsel lipat yang baru dirilis pada 19 Oktober 2023 ini, hadir chipset kelas atas teranyar Snapdragon 8 Gen 2. Prosesor ini sama dengan punya Samsung Galaxy Z Fold5.

Mengenai kapasitas daya, ponsel ini juga menawarkan daya yang lebih baik yaitu dengan baterai 4.805 mAh dan dukungan pengisian daya cepat 67 W.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan ialah kamera yang berkolaborasi dengan Hasselblad, memiliki konfigurasi kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 48 MP, dan telefoto 64 MP.

Gawai ini dibanderol seharga 1.799 Euro atau setara dengan Rp30 juta dengan RAM 16 GB dan ROM 512 GB. Tapi OnePlus belum mengungkap di negara mana saja ponsel ini akan dipasarkan.

Ilustrasi ponsel lipat Huawei.

Photo :
  • X @Tech_Reve

Huawei akan meluncurkan HP lipat yang diperkirakan akan rilis pada paruh pertama tahun depan. Menurut keterangan rahasia Revegnus di X, ponsel bergaya clamshell ini akan dijual dengan harga US$735 atau setara dengan Rp 11 juta.

HP lipat murah ini diharapkan menjadi bagian dari jajaran P Pocket Huawei. Tahun lalu, Huawei meluncurkan Pocket S, ponsel flip entry-level pertamanya dan versi P50 Pocket yang lebih kecil.

Mengutip Cnet, kali ini Huawei memberikan bahasa desain yang sama dengan saudaranya yang lebih mahal, yaitu fitur menonjol dari dua lingkaran besar di panel sampul.

Satu lingkaran berfungsi sebagai tonjolan kamera, sedangkan lingkaran lainnya sebagai penutup layar berbentuk bulat berukuran 1,04 inci. Kedua ponsel tersebut hanya dirilis di China.

Meskipun ponsel flip dan ponsel bergaya buku makin banyak yang dirilis secara komersial oleh produsen lain seperti Samsung dan Oppo, ponsel yang dapat dilipat masih merupakan bagian kecil dari total pasar smartphone yang luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya