5 Langkah Sederhana Hemat Baterai Ponsel

Realme GT5.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Raksasa teknologi China Realme membagi tips dan trik bagaimana para penggunanya yang sedang berada di dalam situasi darurat bisa menghemat dan memperpanjang daya tahan baterai ponsel pintar atau smartphone.

Memilih Mobil Listrik Idaman: Panduan Lengkap untuk Calon Pembeli

Tidak hanya berinovasi dalam teknologi pengisian daya cepat atau fast charging, Realme juga punya tips dan trik yang bisa para pengguna lakukan untuk mengoptimalisasi manajemen daya di Realme UI secara efisien, sehingga pengguna bisa memperpanjang daya tahan baterai smartphone lebih lama lagi. Berikut 5 langkah yang bisa dilakukan:

Kecerahan otomatis

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Layar dikenal secara luas sebagai komponen yang haus daya. Semakin tinggi kecerahan yang dipancarkan oleh layar, semakin tinggi daya yang digunakan. Sebaliknya, semakin rendah kecerahannya, semakin rendah pula daya yang digunakan.

Oleh karena itu, dengan menetapkan kecerahan layar ke penyesuaian otomatis atau mengurangi kecerahan secara manual, maka pengguna dapat memperpanjang masa pakai baterai. Selain itu, langkah ini juga dapat melindungi mata dari bahaya cahaya yang benderang, yang membuat mata cepat lelah.

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Kecepatan refresh layar

Realme Experience Store, Pantai Indah Kapuk 2, Tangerang, Banten.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Kecepatan refresh yang tinggi memberi kita pengalaman visual yang lebih mulus dan lancar. Namun begitu, kecepatan refresh yang tinggi juga meningkatkan konsumsi daya.

Pengguna bisa mencoba menurunkan kecepatan refresh untuk menikmati masa pakai baterai yang lebih lama jika sedang tidak dibutuhkan.

'Smart Always-On Display'

Bagi yang menggunakan smartphone Realme dengan dukungan fitur ini, Smart Always-on Display pada Realme UI 4.0 dapat menampilkan waktu dan desain AOD (Always-on Display) yang stylish, serta menampilkan notifikasi dari berbagai aplikasi yang memudahkan para pengguna.

Fitur ini merupakan opsi menarik untuk membuat smartphone menjadi lebih stylish dan atraktif. Namun begitu, tampilan yang terus menyala pada layar akan mengonsumsi daya yang lebih.

Oleh sebab itu, Realme menyematkan Fitur Power Saving pada Always-on Display. Fitur ini dapat mendeteksi secara pintar smartphone saat sedang disimpan untuk beberapa waktu dan mematikan layar serta tampilan Always-on Display secara otomatis untuk menghemat daya baterai secara efektif.

Optimalkan penggunaan baterai

Realme C55 NFC.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Jika suatu hari pengguna menemukan bahwa smartphone menghabiskan baterai terlalu cepat, maka inilah saatnya untuk mengambil langkah cepat, karena kemungkinan besar ada beberapa aplikasi yang secara diam-diam menyebabkan hal ini terjadi di latar belakang tanpa disadari.

Di Realme UI 4.0, pengguna bisa masuk ke menu 'Baterai > Pengaturan Lainnya' dan aktifkan 'Optimalkan penggunaan baterai'. Atur aplikasi ke 'Pengoptimalan Otomatis', dan sistem akan secara otomatis mengoptimalkan aplikasi apapun yang menyebabkan pengurasan baterai yang berlebihan di latar belakang, sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

Power Saving Mode

Ada saat di mana pengguna tidak memungkinkan melakukan pengisian daya baik tidak membawa aksesori charger atau sedang berada di lokasi yang jauh dari stop kontak.

Namun, tidak perlu khawatir karena realme UI juga telah menyediakan 'Power Saving Mode'. Sistem akan secara otomatis mendeteksi masalah konsumsi daya saat ini pada smartphone. Cukup klik 'Power Saving Mode' untuk mengatasi masalah konsumsi daya dengan cepat dan mengoptimalkan pengaturan hemat daya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya