Mudah! Begini Cara Hapus Data atau Informasi Pribadi dari Google

Ilustrasi Google.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Meskipun Google telah menjadi platform yang bermanfaat untuk menjawab hampir semua pertanyaan kita, Google juga memungkinkan orang yang tidak berwenang mendapatkan informasi pribadi kita dengan mudah, sehingga membuat siapa pun berisiko mengalami pencurian identitas atau penipuan.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Menyadari pentingnya masalah ini, Google Penelusuran memiliki opsi yang memungkinkan kamu untuk menghapus beberapa informasi pribadi seperti nomor telepon, email, atau alamat rumah dari platform tersebut. 

Danny Sullivan, penghubung publik Google untuk bagian "Search" atau "Penelusuran", mengatakan bahwa perusahaan mengambil langkah ini karena menyadari bagaimana perasaan orang-orang jika informasi pribadi terlihat secara luas di hasil penelusuran.

7 Rahasia Google

Situs google.

Photo :
  • pixabay

“Kami telah mendengar banyak masukan dari orang-orang yang menganggap kehadiran informasi ini mengejutkan,” tulis Sullivan, melansir TIME, Selasa, 31 Oktober 2023.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Kemampuan untuk menghapus informasi pribadi dari pencarian Google pertama kali diperkenalkan pada Mei 2022 tetapi kini lebih mudah digunakan dan tersedia lebih luas. “Orang-orang khawatir tentang ancaman, mereka khawatir tentang hal-hal seperti pencurian identitas, atau mereka umumnya tidak nyaman dengan informasi kontak pribadi mereka yang tersebar,” kata Sullivan.

"Ini adalah upaya kami untuk memberikan orang-orang perasaan memiliki kendali lebih besar atas hal tersebut," lanjutnya. 

Berikut caranya:

Pertama, cari nama lengkap kamu di Google. Jika kamu melihat nomor telepon, email, dan alamat rumah Anda dalam daftar, kamu dapat menghapusnya menggunakan tiga titik pada hasil dan memilih "Hapus Hasil" di opsi kanan atas. 

Lima opsi akan muncul, tetapi untuk permintaan terkait informasi pribadi, pilih "Ini menunjukkan info kontak pribadi saya". Tekan "Lanjutkan" tiga kali setelah kamu meninjau persyaratan Google dan masuk ke akun Google yang ingin kamu tautkan dengan permintaan tersebut. 

Kemudian, masukkan nama kamu dan informasi kontak yang cocok dengan apa yang ingin kamu hapus. Misalnya, ketik nomor telepon kamu jika itu adalah detail pribadi yang   kamu ingin Google hapus dari hasil Google, lalu lanjutkan menggunakan tombol "Lanjutkan". 

Setelah kamu selesai dengan langkah sebelumnya, tekan "Kirim." Semua permintaan penghapusan dapat ditinjau melalui bilah "Buka permintaan penghapusan". 

Setelah beberapa hari, Google akan memberi tahu kamu mengenai status permintaan melalui email.

Kantor Google.

Photo :
  • Politico

Kamu juga bisa meninjau permintaan yang kamu kirimkan melalui opsi “Data & Privasi” di akun Google kamu dan memilih opsi “Aktivitas Saya”.

Kemudian, pilih “Aktivitas Lainnya” dan tekan “Kelola hasil tentang Anda.” Untuk menghapus konten pribadi karena alasan hukum, lanjutkan ke Bantuan Google Penelusuran untuk mengajukan permintaan dan tekan “Konten berisi informasi pribadi Anda” di antara daftar opsi di halaman.

Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya