Apple Akui Pendapatan iPad Menurun, Ini Alasannya

Dock Apple iPad.
Sumber :
  • Theverge.com

VIVA – Apple mengumumkan hasil pendapatan fiskal Q4 2023 pada hari Kamis, dengan pendapatan uS$89,50 miliar (Rp1,4 kuadriliun) antara Juli dan September. Mengenai iPad, Apple melaporkan pendapatan sebesar US$6,4 miliar (Rp100 triliun), turun dari US$7,2 miliar (Rp113 triliun) pada periode yang sama tahun lalu.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

CEO Apple Tim Cook memperkirakan pendapatan iPad akan “menurun secara signifikan” pada kuartal berikutnya karena perusahaan belum memperkenalkan iPad baru tahun ini.

Pendapatan iPad menurun karena tidak ada iPad baru

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

iPad 2022, generasi ke-10.

Photo :
  • Apple

Saat berbicara dengan investor, Cook menekankan bahwa meskipun pendapatannya turun 10% dibandingkan tahun lalu, iPad masih “menetapkan standar emas untuk tablet.” Dia mengatakan “sulit” untuk membandingkan periode-periode ini karena gangguan pasokan yang berdampak pada perusahaan pada tahun 2022, yang mengakibatkan permintaan terpendam yang terpenuhi pada kuartal September.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Meski begitu, Cook mengakui Apple belum memperkenalkan iPad baru pada tahun ini, tidak seperti tahun lalu. Dia cukup yakin bahwa Apple tidak akan meluncurkan iPad baru pada bulan November atau Desember, dengan mengatakan bahwa pendapatan iPad diperkirakan akan “menurun secara signifikan dibandingkan kuartal September karena perbedaan waktu peluncuran produk.”

Tentu saja Apple juga berpendapat bahwa faktor makroekonomi dan mata uang asing juga dapat berdampak negatif terhadap pendapatan perusahaan.

Kembali ke iPad, sudah lama kita tidak melihat model baru. Seperti disebutkan Cook, iPad terbaru yang akan diperkenalkan (M2 iPad Pro dan iPad 10) diumumkan pada Oktober 2022. iPad Air 5 saat ini diluncurkan pada Maret 2022, sedangkan iPad mini belum diperbarui sejak September 2021.

Informasi dari 9to5Mac, sumber mengatakan bahwa Apple sedang mengerjakan pembaruan untuk seluruh jajaran iPad-nya. Ini termasuk iPad Air versi M2, iPad mini dengan chip A16 Bionic di dalamnya, dan versi iPad entry-level dengan spesifikasi tertentu. Namun, Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan bahwa tidak ada iPad baru yang akan diluncurkan sebelum Maret 2024.

Perangkat yang dapat dikenakan dan Mac

MacBook Air 15,3 inchi.

Photo :
  • Apple

Dengan argumen yang sama, Tim Cook menunjukkan bahwa pendapatan dari Produk Wearables, Home, and Accessories  juga diperkirakan akan melambat pada kuartal berikutnya sejak Apple memperkenalkan AirPods Pro 2, Apple Watch SE generasi ke-2, dan Apple Watch Ultra pertama tahun lalu, yang meningkatkan penjualan secara signifikan pada saat itu.

Terkait Mac, eksekutif tersebut yakin bahwa pendapatan akan meningkat pada kuartal berikutnya karena permintaan untuk Mac M3 baru yang diumumkan awal pekan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya