Blue Light pada Gadget Bisa Merusak Kulit? Ini Cara Mencegahnya

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Blue light atau sinar biru yang terutama berasal dari layar ternyata dapat merusak kulit, mirip dengan dampak sinar matahari. Blue light atau cahaya HEV (High Energy Visible), yang berasal dari smartphone, tablet, dan TV, dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Terpapar blue light dapat juga memicu masalah pigmen seperti melasma dan memunculkan radikal bebas yang berkontribusi pada penuaan kulit. Oleh karena itu, perlindungan kulit dari blue light sangat penting. Lantas, bagaimana kita dapat melindungi kulit dari dampaknya? Dilansir dari India Times, berikut ini beberapa langkah untuk melindungi kulit dari dampak buruk blue light. 

1. Menggunakan filter layar

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ilustrasi orang lihat handphone

Photo :
  • havehalalwilltravel.com

Gunakan filter blue light atau pelindung layar untuk perangkat elektronik yang kamu gunakan, seperti smartphone, tablet, dan layar komputer. Filter ini dapat mengurangi jumlah sinar biru yang mencapai kulitmu.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

2. Mengurangi waktu menggunakan layar

Ilustrasi mengakses aplikasi dari ponsel Android.

Photo :
  • Freepik

Ini adalah langkah paling dasar. Batasi waktu kamu di depan layar, terutama sebelum tidur. Ini dapat membantu mengurangi paparan blue light, karena dapat mengganggu pola tidurmu juga.

3. Sesuaikan pengaturan layar

Ilustrasi ponsel.

Photo :
  • Freepik

Banyak perangkat sekarang dilengkapi dengan pengaturan pengurangan blue light Aktifkan pengaturan ini, yang seringkali mengubah suhu warna layar untuk memancarkan lebih sedikit sinar biru, terutama selama jam-jam malam.

4. Coba gunakan kacamata anti-blue light

Ilustrasi anak pakai kacamata/main gadget.

Photo :
  • Pixabay.

Pertimbangkan untuk mengenakan kacamata anti-blue light saat menggunakan layar dalam waktu yang lama. Kacamata ini dapat membantu memblokir atau mengurangi jumlah sinar biru yang mencapai mata dan kulitmu.

5. Cari produk perawatan kulit dengan antioksidan

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Cari produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk melindungi dari efek sinar biru. Bahan-bahan seperti antioksidan, niacinamide, dan peptida dapat membantu mengurangi kerusakan potensial. Produk ini menciptakan penghalang dan dapat menetralisir radikal bebas yang dihasilkan oleh paparannya.

6. Gunakan sunscreen

Ilustrasi menggunakan Sunscreen

Photo :

Bahkan di dalam ruangan, adalah praktik yang baik untuk menggunakan sunscreen atau dikenal juga tabir surya dengan perlindungan spektrum luas. Meskipun sinar biru tidak sebahaya radiasi UV, ini masih bagian dari spektrum elektromagnetik dan dapat berkontribusi pada kerusakan kulit dari waktu ke waktu. Sunscreen dengan tambahan antioksidan dapat memberikan perlindungan tambahan.

7. Pertahankan gaya hidup sehat

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This

Makan makanan seimbang yang kaya antioksidan, menjaga tubuh terhidrasi, dan berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulitmu dan membuatnya lebih siap menghadapi stres lingkungan seperti blue light.

8. Konsultasikan dengan ahli dermatologi

Treatment di klinik kecantikan.

Photo :
  • Istimewa

Jika kamu memiliki kekhawatiran khusus tentang kesehatan kulit terkait paparan sinar biru, konsultasikan dengan seorang ahli dermatologi. Mereka dapat memberikan saran yang dipersonalisasi, merekomendasikan produk perawatan kulit yang sesuai, dan menawarkan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.

9. Jaga tidur yang baik

Ilustrasi tidur.

Photo :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

Pastikan rutinitas tidur yang baik. Tidur berkualitas sangat penting untuk kesehatan kulit, dan mengurangi paparan sinar biru sebelum tidur tidak hanya dapat meningkatkan tidurmu, tetapi juga dapat mencegah penuaan kulit yang lebih cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya