Gmail Akan Lenyap Selamanya

Gmail.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Google akan menghapus akun dan foto Gmail atau Google Email yang tidak aktif mulai 1 Desember 2023.

Publisher Rights Disahkan, Google Komentar Begini

Google mendefinisikan akun tidak aktif sebagai akun yang tidak digunakan dalam jangka waktu dua tahun. Jika pengguna belum masuk atau melakukan aktivitas apapun di akun Google selama dua tahun, maka akan dinyatakan tidak aktif.

Kebijakan ini hanya berlaku untuk akun pribadi, bukan akun yang terkait dengan perusahaan, sekolah, atau organisasi lainnya.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Setelah dianggap tidak aktif, maka Google berhak menghapus seluruh konten dan data akun pada 1 Desember mendatang.

Ilustrasi Google.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah
Google Rolls Out Gemini to Replace Bard Chatbot

Penghapusan ini mencakup sejumlah informasi yang disimpan oleh Google, termasuk Google Foto, Google Kalender, dan Google Dokumen, selain tentunya Gmail.

Raksasa teknologi AS itu mempertimbangkan tindakan seperti masuk di antaranya membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, berbagi foto, mengunduh aplikasi, dan mencari saat masuk untuk menjadi aktivitas.

Sebelum melakukan penghapusan seluruh konten, Google akan mengirimkan notifikasi ke akun tersebut dan email pemulihan jika ada.

"1 Desember 2023 adalah tanggal paling awal penghapusan Akun Google karena kebijakan ini," menurut keterangan resmi Google, seperti dikutip VIVA Tekno dari laman Mashable, Rabu, 29 November 2023.

Gmail.

Photo :
  • www.pixabay.com/gabrielle_cc

Kemudian, keterangan berikutnya berbunyi, 'produk Google berhak menghapus data Anda ketika akun Anda tidak digunakan dalam produk tersebut selama jangka waktu 2 tahun'.

Meski demikian, ada beberapa pengecualian untuk hal ini, seperti jika akun pengguna dipakai untuk membeli sesuatu di Google Play Store, atau jika akun pengguna memiliki kartu hadiah dengan saldo aktif.

Jadi, jika Anda memiliki akun Gmail yang sudah lama tidak digunakan dan tidak ingin Google menghapus semua yang terkait dengannya, pastikan cek kembali semuanya sebelum 1 Desember 2023. Jangan Abai!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya