Nokia Berhasil Mengubah Jaringan Hanya Lewat Suara

Nokia.
Sumber :
  • Dok. Nokia

VIVA Tekno – Nokia Bell Labs mengumumkan terobosan penelitian pertama di industri kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Natural-Language Networks yang memungkinkan jaringan untuk dioperasikan melalui perintah suara atau teks untuk memahami maksud pengguna dan memiliki kecerdasan agar bertindak secara otonom.

Sebut Terjadi Anomali dalam Sirekap, PPP Minta Kader Kawal Suara Pemilu 2024

“Operator tidak perlu mendalami lagi istilah teknis atau deskripsi API (Application Programming Interface) yang kompleks saat mengonfigurasi jaringan. Sebaliknya, pernyataan sederhana seperti 'Optimize the network at X location for Y service' akan berfungsi,” kata Research Leader Network Systems Automation Nokia Bell Labs, Csaba Vulkan, Senin, 4 Desember 2023.

Ia menambahkan jika permintaan tersebut dapat digunakan dengan mengonfigurasi jaringan nirkabel di pabrik sebagai otomatisasi robot atau mengoptimalkan jaringan di konser untuk mengunggah rangkaian konten media sosial.

Prabowo-Gibran Unggul dalam Pemungutan Suara di Osaka Jepang

Ilustrasi media sosial

Photo :
  • Pixabay

Natural-Language Networks dari inisiatif penelitian Nokia Bell Labs ini dinamakan dengan UNEXT. UNEXT akan mendefinisikan kembali perangkat lunak dan sistem jaringan untuk membentuk kembali komputasi yang dibutuhkan.

Sukses Bawa Golkar di Pemilu 2024, AMPI Beri Penghargaan ke Airlangga Hartarto

Selain itu, UNEXT juga akan membuat proses integrasi apapun dengan jaringan menjadi tugas yang sederhana dan mengubah jaringan itu sendiri menjadi OS.

“UNEXT bertujuan untuk mengurangi kerumitan manajemen jaringan, serta memperluas jangkauan sistem jaringan dengan menghilangkan hambatan yang menghalangi sistem tersebut untuk dapat saling beroperasi,” kata Head of Network Systems and Security Research Nokia Bell Labs, Azimeh Sefidcon.

Natural-Language Networks akan menghilangkan kerumitan manajemen jaringan, sekaligus merespons secara cepat kebutuhan penggunanya.

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dengan memanfaatkan AI, jaringan ini akan memungkinkan penyedia layanan untuk memberikan dan memelihara konfigurasi jaringan yang ideal bagi setiap pelanggan saat dibutuhkan.

Meski begitu, Natural-Language Networks akan terus dioptimalkan untuk langkah berikutnya. Seiring bertambahnya pengetahuan, Natural-Language Networks diharapkan mampu memenuhi kebutuhan layanan dan aplikasi, serta beradaptasi tanpa campur tangan manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya