Poco Janji Bakal Pasang RAM Besar di Semua Lini Produk HP

Random Access Memory (RAM).
Sumber :
  • POCO

Jakarta – Berkomitmen hadirkan performa ekstrem untuk smarthpone, Poco akan menghadirkan Random Access Memory (RAM) berkapasitas besar yang dipercaya dapat meningkatkan performa perangkat secara keseluruhan.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Associate Director Marketing Poco Indonesia Andi Renreng mengatakan jika RAM merupakan salah satu komponen yang paling menentukan performa sebuah ponsel. Menurutnya, semakin besar kapasitas RAM tentunya akan semakin baik.

“Sebaliknya. Kapasitas RAM kecil maka bisa menghambat performa meski CPU di HP sudah kencang," kata dia di Jakarta, Kamis malam, 14 Desember 2023.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Lantas, bagaimana cara kerja RAM hingga perannya begitu penting bagi sebuah smartphone?

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

“Ketika hp dinyalakan, aplikasi berikut data-data lain yang belum dijalankan atau diakses berada di storage. Ketika aplikasi dijalankan barulah ditempatkan di RAM. Dari sini terlihat kalau RAM merupakan memori untuk menampung aplikasi maupun data-data lain yang sedang diakses,” ucap Andi 

“Ketika aplikasi tersebut sudah tidak berjalan, maka akan dihapus dari RAM. Karena itulah RAM juga kerap disebut sebagai memori sementara,” sambungnya

Secara arsitektur, sambung dia, RAM berposisi di antara CPU dan storage untuk menjembatani kerja kedua elemen tersebut. Artinya, OS maupun aplikasi dan data-data lain yang akan diproses oleh CPU disiapkan oleh RAM dengan mengambilnya dari storage. Dengan begini, CPU cukup mengakses data yang ada di RAM. 

“Ini lebih cepat sekaligus efisien ketimbang CPU harus membaca/mengambilnya dari storage, yang kecepatan aksesnya jauh di bawah RAM dan isinya masih 'bercampur' dengan data yang sedang tidak ingin digunakan,” jelasnya

“Jika dianalogikan, RAM adalah kantong di baju atau celana, sementara storage ponsel adalah ransel. Akan jauh lebih cepat menemukan dan mengambil benda yang kita inginkan dari kantong ketimbang dari ransel, bukan? Simpelnya kira-kira seperti itu,” jelas Andi lagi.

Fitur Game Turbo di Poco M5 dan Poco X5 5G

Photo :
  • POCO Indonesia

Selain itu, RAM juga memiliki beberapa fungsi, yakni:

  • Mendongkrak performa ponsel
  • Mendukung multitasking
  • Mengingat riwayat
  • Main game tambah lancar

"Mengingat begitu menentukannya peran RAM bagi performa ponsel, POCO akan menghadirkan produk yang mengusung RAM berkapasitas besar di semua lininya, termasuk di lini low-end sekalipun," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya