Android 14 Bawa Fitur Baru, Bikin Penasaran

Sistem Operasi Android 14 membawa sejumlah fitur baru.
Sumber :
  • Dok. Realme

VIVA Tekno – Raksasa teknologi China, Realme, terus menghadirkan smartphone dengan fitur dan teknologi terkini untuk menjawab berbagai kebutuhan anak muda.

7 Rahasia Google

Inisiatif ini diwujudkan melalui Realme C67, yang sudah diperkuat Sistem Operasi Android 14 sehingga membawa sejumlah fitur baru untuk meningkatkan pengalaman dan produktivitas pengguna.

Lebih variatif

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Opsi kustomisasi layar homescreen dan lockscreen kini lebih variatif pada Realme C67 dengan kehadiran Android 14. Ada gaya jam baru yang dapat dipilih ukurannya, dan pengguna dapat dengan mudah mengatur kesesuaiannya dengan warna tertentu.

Pengguna dapat mengubah ukuran jam pada layar serta melihat pratinjau tampilan secara langsung di lock screen dan home screen secara berdampingan.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Android 14 di Realme C67 juga memungkinkan pengguna menyesuaikan dua tombol shortcut di lock screen yang ditempatkan di salah satu sudut tepi bawah.

Pengguna dapat memilih dari fitur yang sering digunakan seperti kamera, senter, pemindai kode, dan kontrol smart home yang terkait dengan aplikasi Google Home. Untuk menyesuaikan tampilan lock screen:

- Buka Pengaturan > Tampilan > Lock screen.

- Ketuk Shortcuts.

- Pilih aplikasi yang ingin ditambahkan ke shortcut lock screen.

- Ketuk Selesai.

- Untuk menyesuaikan wallpaper pada lock screen dan home screen, buka Pengaturan > Wallpaper > pilih wallpaper baru dan pilih gaya, font, dan nuansa warna sesuai preferensi.

Realme C67.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Makin interaktif

Android 14 juga menekankan pada aksesibilitas. Salah satu fitur terbaru yang hadir pada Realme C67 adalah fitur Magnification yang memungkinkan pengguna memperbesar area mana pun di layar smartphone tersebut.

Pengguna dapat memilih apakah menginginkan kontrol semacam itu atau membuatnya tetap sederhana dengan pembesaran layar sepenuhnya.

Fitur ini akan berguna karena bisa pilih antara shortcut di layar, menekan tombol volume, atau gerakan ketuk tiga kali di layar, untuk menampilkan kaca pembesar.

Ada pula fitur Flash Notification yang memanfaatkan LED flash maupun tampilan layar di realme C67 sebagai lampu penanda masuknya notifikasi.

Untuk akses yang lebih memudahkan, Android 14 menawarkan shortcut yang dapat dipicu menggunakan tombol volume atau dengan mengetuk pintasan di layar secara terus-menerus. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan fitur aksesibilitas baru:

- Buka Pengaturan > Aksesibilitas.

- Ketuk fitur yang ingin digunakan.

- Konfigurasikan fitur sesuai keinginan.

Manajemen baterai

Salah satu optimalisasi yang dihadirkan oleh Android 14 adalah dalam hal manajemen baterai. Pengguna Realme C67 akan dapat merasakan masa pakai baterai yang lebih baik.

Hal ini disebabkan oleh sejumlah perbaikan, termasuk manajemen aplikasi latar belakang yang lebih baik dan optimalisasi daya untuk CPU dan GPU. Android 14 mengimplementasikan algoritma manajemen daya yang lebih canggih.

Algoritma ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai dengan mengelola sumber daya sistem secara cerdas dan memprioritaskan aplikasi yang membutuhkan daya besar.

Dengan mengalokasikan sumber daya secara efisien, Android 14 pada Realme C67 dapat memperpanjang masa pakai baterai, terutama penggunaan yang berat. Untuk membantu meningkatkan daya tahan baterai, bisa dicoba kiat-kiat berikut ini:

- Turunkan kecerahan layar.

- Aktifkan mode Battery Saver.

- Tutup aplikasi yang tidak digunakan.

- Nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan, seperti Bluetooth dan GPS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya