Tips Beli HP Sejutaan di Belanja Online

Poco C65.
Sumber :
  • Dok. Poco

VIVA Tekno – Meski popularitas belanja online terus merebak, namun ada sebagian orang yang masih ragu, bahkan takut, membeli produk elektronik.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Hal ini sangat disayangkan karena saat mencari smartphone yang harganya sejutaan seperti Poco C65, hanya bisa dibeli di berbagai toko online resmi.

Sebenarnya, belanja di toko online mudah, cepat, dan tidak merepotkan. Cocok buat Gen Z yang penuh kegiatan setiap harinya. Selain itu, kalau tidak belanja online, bakalan terlewat kesempatan buat memiliki HP kece.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

"Padahal, banyak banget keuntungan belanja online. Mulai dari sisi kepraktisan, adanya asuransi dan garansi, hingga keuntungan dalam bentuk diskon/cashback. Tinggal bagaimana kitanya belanja online secara aman agar terhindar dari hal-hal yang kurang mengenakkan," kata Andi Renreng, selaku Associate Director Marketing Poco Indonesia, dalam keterangan resminya, Rabu, 14 Februari 2024.

Meski begitu, Poco berbagi cara aman belanja online yang kerap dilupakan oleh khalayak:

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Pastikan platform e-commerce aman

Umumnya, sih, aplikasi e-commerce yang bisa diunduh di toko aplikasi seperti Play Store dan App Store sudah punya sistem keamanan sendiri. Tapi kalau kita ingin mengakses berbagai platform e-commerce dari browser, pastikan alamat website-nya berawalan "https" (hypertext transfer protocol secure), bukan cuma "http". Itu menandakan sebuah website sudah aman dan dilindungi oleh sistem enkripsi buat melindungi transaksi dan data pribadi pengguna.

Diminta banyak informasi pribadi? Geser ke toko sebelah aja

Berbelanja secara online biasanya cuma membutuhkan sedikit informasi pribadi, seperti nama, alamat, dan nomor telepon untuk pengiriman barang. Kalau ada toko online yang sampai meminta data pribadi seperti KTP, nomor rekening, dan sebagainya, tinggalkan saja. Mending belanja di toko online yang lain, deh.

Koneksi internet juga penting

Koneksi internet menggunakan paket data di hape atau Wi-Fi di rumah sendiri sudah cukup aman, kok, juga jaringan hotspot yang sudah dilindungi oleh sistem enkripsi atau aplikasi anti-virus.

Sebaiknya hindari berbelanja online melalui koneksi internet dari Wi-Fi di tempat umum, soalnya kita nggak tahu, kan, koneksinya terlindung atau nggak. Menggunakan koneksi internet yang aman bermanfaat buat menghindari berbagai risiko yang bisa timbul dari celah keamanan koneksi internet.

Belanja pakai HP yang gesit

HP yang digunakan buat berbelanja online pun punya peran yang nggak sedikit. Gunakan HP yang enggak lemot buat multitasking. Soalnya, bisa saja kita berbelanja di beberapa marketplace atau toko online sekaligus, membandingkan harga di beberapa toko, maupun sambil melakukan aktivitas lain di HP.

Berbekal HP yang gesit, salah satu contohnya Poco C65, selain bikin pengalaman belanja online nyaman banget karena enggak pakai nge-lag, juga meminimalkan salah ketuk gara-gara proses belanja yang patah-patah, atau gagalnya transaksi karena hape crash, dan kejadian enggak mengenakkan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya