Konsumen Indonesia Harus Hati-hati sama iPhone Versi Ini

iPhone 16.
Sumber :
  • MacRumors

VIVA Tekno – Permintaan iPhone, ponsel pintar atau smartphone keluaran Apple, terbilang tinggi meski dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan merek lain.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Di Indonesia, selain iPhone resmi yang dikeluarkan oleh Apple ternyata ada versi iPhone lain yang juga banyak dijual di pasaran, yakni iPhone HDC.

iPhone versi ini dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada iPhone original atau resmi yang dikeluarkan oleh Apple. Sebab itu, tidak sedikit orang tergiur membeli iPhone HDC ketimbang yang asli.

Apple Bagi-bagi Undangan

Kondisi itu tak jarang memunculkan produk tiruan iPhone dengan tampilan fisik yang serupa. Lantas, apa itu iPhone HDC?

HDC merupakan singkatan dari Hand Copy Draw atau yang berarti barang versi tiruan, replika, abal-abal, KW, atau palsu. Berikut ciri-ciri iPhone HDC, berdasarkan data yang diolah dari berbagai sumber:

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Tidak punya App Store

Dilihat sekilas, iPhone HDC memang tampak sama dengan iPhone asli, termasuk pada tampilan antarmuka (UI) nya. Namun, jika diteliti lagi, pada iPhone HDC tidak bisa membuka aplikasi App Store dan iTunes.

Ketika membuka kedua aplikasi tersebut pada iPhone HDC, malah akan tersambung ke Google Play Store. Seperti diketahui, Google Play Store merupakan toko aplikasi yang biasa ada di ponsel dengan sistem operasi Android.

Tidak bisa akses Apple ID, iCloud, hingga Siri

iPhone HDC biasanya tidak menggunakan akun Apple ID sebagai akun pengguna perangkat. Layanan akun pengguna perangkat di iPhone HDC biasanya malah menggunakan akun Google.

Itu artinya, pengguna iPhone HDC tidak bisa mengakses layanan penyimpanan berbasis cloud milik Apple, yaitu iCloud.

iPhone HDC juga tidak bisa disambungkan ke iTunes yang ada di laptop atau komputer. Sebab iPhone HDC tidak bakal terdeteksi sebagai perangkat Apple apabila dihubungkan ke desktop lewat iTunes.

Dengan begitu, iPhone HDC tidak bisa mentransfer koleksi musik dari iTunes. iPhone original memiliki fitur asisten suara dari Apple, Siri. Nah, fitur ini tidak bisa Anda temukan pada iPhone HDC.

Siri digunakan pada iPhone asli untuk melayani perintah suara dari pengguna. Siri merupakan salah satu fitur khas yang pasti dijumpai jika Anda menggunakan produk asli Apple, seperti iPhone, iPad, dan Macbook.

Memakai sistem operasi Android

iPhone HDC jelas tidak menggunakan sistem operasi iOS. Terlihat dari banyaknya fitur-fitur pada iPhone asli yang tidak bisa diakses oleh iPhone HDC.

Biasanya, iPhone HDC menggunakan sistem operasi Android tapi dengan modifikasi tampilan antarmuka (UI) yang dibuat semirip mungkin dengan iPhone versi asli.

Tidak ada garansi resmi Apple

Kalau mau tahu asli apa tidak iPhone, silakan cek di situs checkcoverage.apple.com. Semua produk Apple yang asli bakal memiliki garansi resmi dari perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu.

Garansi ini bisa diperiksa lewat laman garansi produk Apple dengan memasukkan nomor IMEI atau nomor seri dari iPhone. Apabila iPhone itu asli dari Apple, status garansi bakal muncul di situs web tersebut.

Namun, jika iPhone itu tiruan atau replika maka status garansi tidak bakal muncul di laman tersebut setelah memasukkan nomor IMEI atau nomor serinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya