Realme 12+ 5G, Kameranya Mengesankan

Realme 12+ 5G.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Realme 12+ 5G resmi mendarat di Indonesia pada Kamis hari ini, 29 Februari 2024 dengan serangkaian fitur andalan untuk anak muda. Indonesia boleh bangga karena menjadi negara pertama yang meluncurkan Realme 12 Plus 5G, sebagai bagian dari jajaran Realme 12 5G.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Mengadopsi kemampuan fotografi pada varian Pro+, Realme 12+ 5G mengusung kamera kelas flagship dengan Sony LYT-600 OIS Portrait Camera, chipset powerful, desain premium, bodi ringan, tampilan layar memukau serta daya tahan baterai irit, sehingga membuat smartphone ini diklaim unggul dibanding kompetitor lain di segmennya.

Realme 12 Plus 5G mengandalkan kamera sebagai jagoannya dengan sensor terbaru Sony LYT-600 dan dukungan SuperOIS yang membuat smartphone ini mampu memberikan hasil foto yang lebih tajam dan detail.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Smartphone ini juga menawarkan berbagai fitur fotografi yang unggul dan melimpah di kelasnya, seperti 2x In-Sensor Zoom, Cinematic 2x Portrait Mode, dan Cinematic Portrait Mode.

Fitur-fitur ini yang akan membawa pengalaman fotografi pengguna dan memberikan hasil foto layaknya menggunakan kamera profesional. Realme 12+ 5G hadir dalam varian warna Pioneer Green dan Navigator Beige. Berikut ulasannya:

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Ollivier Savéo

Realme 12+ 5G.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Varian warna Pioneer Green ini merepresentasikan warna keanggunan dan kemewahan yang umumnya ditemukan pada desain jam tangan mewah. Ditambah lagi, Realme 12 Plus 5G mengusung Luxury Watch Design hasil kolaborasi dengan Ollivier Savéo.

Ia merupakan pengrajin jam tangan mewah yang dikenal atas kolaborasinya bersama berbagai merek ternama seperti Rolex, Roger Dolby, Piaget, Breitling, dan Quentin.

Mengambil inspirasi dari dial dan bezel jam tangan mewah, Realme 12+ 5G menghadirkan housing kamera dengan desain yang elegan dan premium. Housing kamera ini menggunakan lebih dari 500 aksen layaknya pancaran sinar Matahari.

Tujuannya untuk menciptakan permainan cahaya dan bayangan yang semakin menambah aksen kemewahan pada smartphone berslogan ‘Capture Clearer, Portrait Master’ ini.

Sedangkan desain pada tali jam tangan turut diimplementasikan pada Realme 12 Plus 5G ini dengan mengusung desain 3D Jubilee Bracelet.

Realme 12+ 5G menghadirkan tekstur layaknya tali metalik yang nyaman saat disentuh dengan menggunakan penyambungan presisi belah ketupat tiga dimensi, menempatkannya di poros tengah pada bodi belakang ponsel.

Bodi belakang ponsel ini juga terbuat dari bahan kulit premium berbahan dasar polyurethane leather yang halus dan tahan terhadap kotoran. Selain itu, bahan kulitnya juga membuat smartphone lebih ringan.

Proses pelapisan PVD yang biasa digunakan untuk desain kasing jam tangan premium juga disertakan pada ponsel ini.

Kombinasi desainnya pun menghasilkan perpaduan tekstur UV gradien dan tekstur berbentuk kerucut yang membantu meningkatkan kesan mewah smartphone dalam genggaman.

Tidak hanya menawan saat dipandang oleh mata, ponsel ini juga nyaman saat kami genggam berkat desain ultra-tipis dengan dimensi 7,87 mm dan lebar 7,4 cm, serta bobot 190 gram. Ketika digenggam dengan satu tangan pun sangat nyaman.

Tersertifikasi IP54 Dust and Water Resistance, sehingga membuatnya tahan debu dan percikan air dari segala arah. Smartphone yang akan tersedia di Indonesia mulai 8 Maret mendatang ini memiliki perpaduan yang pas untuk dijadikan pilihan di kelas menengah.

It's all about Portrait

Hasil jepretan kamera Realme 12+ 5G.

Photo :
  • Dok. VIVA/Realme

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Mengadopsi kemampuan kamera Realme 12 Pro Plus 5G, kameranya dirancang untuk meningkatkan pengalaman fotografi dengan menghadirkan kamera yang superior di segmennya.

Smartphone ini memiliki kamera utama Sony LYT-600 dengan dukungan SuperOIS pertama di kelasnya. Dengan aperture f/1.88, sensor 1/1,95 inci dan resolusi 50MP, Sony LYT-600 mampu mengambil foto yang jernih dari berbagai rentang jarak.

Disokong juga dengan panjang fokus setara 26 mm, in-sensor zoom, serta dukungan optical image stabilization (OIS), setiap bidikan yang diambil menjadi stabil dan sangat jernih.

Kamera Realme 12+ 5G menghadirkan fitur 2x In-Sensor Zoom dan Cinematic 2x Portrait Mode. Dengan 12MP dari sensor 50MP, HP ini mampu mencapai 2x In-Sensor Zoom tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Gambar-gambar yang dihasilkan jauh lebih jernih daripada yang dihasilkan melalui zoom digital. Kemampuan zoom yang detail ini memungkinkan pengguna menangkap objek pada berbagai jarak dengan menggunakan panjang fokus yang berbeda-beda untuk hasil foto yang lebih baik.

Hasil jepretan kamera Realme 12+ 5G.

Photo :
  • Dok. VIVA/Realme

Dipadukan dengan SuperOIS (Optical Image Stabilization), Realme 12+ 5G bahkan mampu menghadirkan gambar yang lebih stabil dan jernih. SuperOIS memungkinkan lensa secara cepat digerakkan kembali ke posisi semula di antara frame.

Kamera ponsel ini ditunjang Cinematic 2x Portrait Mode dengan panjang fokus yang setara dengan panjang fokus Golden Portrait 52 mm, yang nyaris menyamai penglihatan manusia.

Panjang fokusnya sempurna untuk menangkap penampilan sekaligus ekspresi pada objek foto dan menghasilkan efek bokeh yang baik. Sehingga, hasil foto portrait wajah pada smartphone ini akan menjadi lebih jelas dan realistis.

Objek foto yang sempurna juga didukung fitur Cinematic Bokeh Algorithm dengan fitur Bokeh, Adjustable Aperture, dan AI Beauty untuk memberikan kualitas hasil foto portrait yang terbaik di segmennya.

Fitur Bokeh bekerja mengandalkan algoritma bokeh sinematik yang menciptakan bidikan bertekstur yang lebih alami. Hasilnya, serupa dengan tangkapan gambar sinematik, dengan latar belakang yang keburaman dan cahaya yang alami.

Kemudian, Adjustable Aperture dengan aperture yang dapat disesuaikan dan dipratinjau sebelum mengambil foto, sehingga dapat mengatur efek bokeh dan kualitas foto yang diinginkan secara real-time.

Hasil jepretan kamera Realme 12+ 5G.

Photo :
  • Dok. VIVA/Realme

Fitur AI Beauty kini hadir di mode portrait pada Realme 12 Plus 5G. AI Beauty ini dapat menyesuaikan tekstur kulit manusia sesuai aslinya.

Bukan itu saja. Realme 12+ 5G sudah disokong Fitur Snap Portrait System yang memungkinkan pengguna saat menangkap foto objek yang bergerak cepat dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Dengan Intelligent Subject Recognition Autofocus, tingkat keberhasilan pengambilan foto portrait pada objek bergerak ditingkatkan hingga 40 persen.

Ini berkat kombinasi autofokus pengenalan objek yang cerdas, pendeteksian gerakan, dan algoritma pencahayaan adaptif. Adanya Intelligent Switching Algorithm, memungkinkan kamera mengimbangi bidikan yang bergerak cepat.

Terutama jika menekan tombol kamera beruntun pada laju waktu yang lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan, algoritma pengalihan cerdas akan diaktifkan secara otomatis.

Hasil jepretan kamera Realme 12+ 5G.

Photo :
  • Dok. VIVA/Realme

Dengan begitu menghasilkan peningkatan sebesar 40 persen dalam tingkat keberhasilan bidikan. Kemampuan tersebut juga tak lepas dari peranan fitur 208 Pictures per Minute dengan Interval shutter yang telah dioptimalkan, atau kecepatan pengambilan gambar.

Berkat sederet fitur portrait tersebut, memungkinkan pengguna saat mengambil foto portrait yang jernih dengan efek bokeh layaknya kamera profesional.

Untuk foto low light, terdapat fitur NightEye Engine dengan rekonstruksi pemrosesan gambar dan kemampuan komputasi prosesor yang kuat pada Realme 12+ 5G, rasio signal-to-noise dan resolusi meningkat 14 persen, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Setelah dilakukan percobaan, foto yang dihasilkan saat mengaktifkan mode night di malam hari terlihat detail dan minim noise.

Beralih ke kamera selfie, ponsel ini memiliki kamera depan beresolusi 16MP dengan sensor 1/3" dan aperture f/2.45. Foto wajah kami saat selfie pun terlihat natural.

Jangan kesampingkan fitur pendukung

Realme 12+ 5G.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Dapur pacunya, smartphone ini diperkuat Chipset MediaTek Dimensity 7050 5G dengan Prosesor 8-inti mencakup 2 ARM Cortex-A78 @2.6GHz dan 6 ARM Cortex-A55 @2.0GHz dan GPU Mali-G68.

Dengan kecepatan 2,6GHz, Prosesor ini dibuat dengan proses canggih TSMC 6mm yang menyajikan 8-core 64-bit yang bertenaga sekaligus menghemat konsumsi daya.

Performa chipset juga ditunjang oleh Dynamic RAM Expansion (DRE) dengan total kapasitas 16GB (8GB+8GB) serta memori internal hingga 256GB.

Selama uji coba main game, mengambil foto, dan video serta kegiatan lainnya, Realme 12 Plus 5G tidak terasa panas. Ini berkat sistem pendingin Vapor Chamber berbahan stainless steel berukuran 4.357 mm persegi dengan arsitektur pembuangan panas 7 lapis dan pembuangan panas grafit berkinerja tinggi berukuran 10.231 mm persegi.

Kehadiran fitur VCVT Intelligent Tuning Algorithm mampu menjamin pengisian daya yang sangat baik dengan kemungkinan kehilangan daya yang rendah.

Ditambah lagi fitur VFC Trickle charging Algorithm yang mengoptimalkan efisiensi pengisian daya pada 10 persen terakhir (dari 90 hingga 100 persen), sehingga baterai terlindungi dan dapat terus digunakan dalam waktu lebih lama.

Realme juga memperhatikan keamanan dan keselematan pengguna, termasuk memberikan 38 protokol keamanan yang memastikan keamanan pengisian daya berdaya tinggi hingga praktik Five-core Chip Protection yang cerdas.

Realme 12+ 5G sudah berjalan dengan sistem operasi atau OS baru, yakni Realme UI 5.0 berbasis Android 14.

Tidak hanya mudah digunakan, OS baru ini didukung fitur menarik seperti File Dock, Flash Capsule, Smart Image Matting dan Phonelink yang sangat menarik terdapat pada smartphone di segmen ini, karena biasanya ada pada smartphone kelas premium.

Ponsel ini juga mendukung Dual Carrier Aggregation Technology menggunakan dua operator 5G untuk transmisi simultan. Dilengkapi juga fitur Smart 5G yang bisa digunakan jika jaringan 5G melemah untuk beralih ke 4G.

Jaringan komunikasi dan internet yang lebih lancar juga dapat ditemui pada smartphone ini yang tak lepas dari peranan fitur Antenna Array Matrix 2.0 yang mencakup teknologi Wireless Burst, Free-switching Antenna Technology, dan DAT Smart Antenna Technology.

Fitur NFC 360 derajat pada Realme 12 Plus 5G memungkinkan pengguna untuk menyentuh NFC dari berbagai posisi dan sudut tanpa perlu mencari posisi smartphone yang tepat untuk menggunakan kartu. Fitur NFC pada smartphone ini juga dapat digunakan untuk menduplikasi kartu akses.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya