Harga, Daya Tarik Netbook di Masa Depan

Tarif Internet Turun
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Acer baru-baru ini menghadirkan netbook 10,1 inci di bawah merek eMachine seharga US$199,99 dolar. Sejauh ini produk tersebut merupakan netbook paling murah di dunia dan didistribusikan lewat jaringan Radio Shack di pasar Amerika Serikat.

Melihat tren tersebut, sejumlah pengamat di industri komputer jinjing yakin bahwa faktor harga akan menjadi satu-satunya daya tarik netbook bagi pengguna di masa datang.

Seperti dikutip dari DigiTimes, 5 Agustus 2010, netbook yang dibesut eMachine tersebut memang menggunakan teknologi lawas seperti prosesor Intel Atom 270, memori DDR2 1GB dan harddisk 160GB.

Akan tetapi, sejumlah produsen lain seperti Hewlett-Packard (HP), Asustek Computer dan Samsung Electronics juga sudah menurunkan harga netbook mereka ke kisaran US$350. Sebelumnya, saat mereka mengumumkan ketersediaan netbook mereka, produk-produk yang bersangkutan dijual di kisaran harga US$450 sampai US$500.

Berhubung produsen juga hanya memiliki pilihan yang sangat terbatas saat ingin menambahkan nilai lebih pada produk netbook dan umumnya hanya bersaing dari sisi harga, harga jual rata-rata (ASP) netbook sudah turun sekitar 8 sampai 10 persen pada paruh pertama 2010.

Di periode yang sama, harga notebook tradisional hanya turun sekitar 3 sampai 5 persen.

Pengamat juga menyebutkan, berhubung permintaan konsumen atas produk netbook telah menurun secara signifikan, pemain di industri netbook perlu beralih ke segmen khusus, misalnya segmen pendidikan.

Adapun untuk menurunkan lebih lanjut harga produk mereka, sebagian besar produsen netbook sudah mulai melakukan outsourcing terhadap produk netbook mereka ke penyedia layanan EMS (Electronic Manufacturing Service).

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024