Sebentar Lagi Akan Ada Ponsel Lipat Murah

Nubia Flip 5G.
Sumber :
  • nubia Smartphone (@nubiasmartphone) / X

VIVA Tekno – Bicara ponsel lipat (foldable phone) tentu tidak lepas dari merek Samsung. Produsen smartphone asal Korea Selatan ini masih menjadi pemimpin dalam mengeluarkan HP yang bisa dilipat.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Lembaga riset asal Taiwan, TrendForce, meyakini bahwa ponsel lipat semakin digandrungi masyarakat luas pada tahun ini.

Dari hasil surveinya di 2023 menyebut pengiriman foldable phone secara global mencapai 15,9 juta unit, menandai peningkatan sebesar 25 persen YoY (year on year) dan mencakup sekitar 1,4 persen dari keseluruhan pasar smartphone.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Di tahun ini, pengiriman diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 17,7 juta unit, tumbuh 11 persen dan sedikit meningkatkan pangsa pasar menjadi 1,5 persen.

Tetapi tingkat pertumbuhan itu masih di bawah ekspektasi pasar dengan segmen tersebut diperkirakan hanya akan melebihi 2 persen pada 2025. Terdapat dua faktor yang bisa menyebabkan melambatnya pertumbuhan ponsel lipat.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Pertama, rendahnya durabilitas yang dimiliki oleh ponsel lipat sehingga menyebabkan kurang percayanya pengguna terhadap produk ini. Kedua, harga yang masih belum sesuai dengan mayoritas kantong konsumen.

Dua faktor itu, sepertinya, dimanfaatkan oleh produsen smartphone asal China, Nubia, untuk meluncurkan ponsel lipat ramah kantong, Nubia Flip 5G, dalam ajang Mobile World Congress atau MWC 2024.

Bukan hanya lebih murah dari Samsung Galaxy Z Flip5, tapi juga Google Pixel 8, yang terkenal murah. Seperti dikutip dari situs Android Authority, ponsel lipat yang akan dirilis pada April mendatang, harganya diprediksi hanya US$650 atau Rp10 jutaan.

Soal spesifikasi, Nubia Flip 5G hadir dengan layar OLED lipat 6,9 inci (120Hz), layar sampul kecil, prosesor Snapdragon 7 Gen 1, dan baterai 4.310mAh dengan pengisian daya kabel 33W.

Nubia juga menyatakan bahwa ponsel lipatnya memiliki sistem kamera belakang ganda 50MP, meskipun banyak yang menduga itu adalah pasangan 50MP+2MP seperti perangkat ZTE. Jika tidak, kamera 16MP tersedia untuk panggilan video, serta tidak lupa RAM 8GB dan ROM 256GB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya