5 Aplikasi Pendukung Ramadan, Ibadah Puasa Makin Khusyuk

Ilustrasi Bulan Ramadan.
Sumber :
  • vstory

VIVA Tekno – Bulan Ramadan merupakan waktu yang penuh berkah untuk mempererat hubungan dengan keluarga dan teman.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Selain berbagi makanan dan kebersamaan, Ramadan juga menjadi momen saling mendoakan antar sanak saudara, baik yang dekat maupun yang jauh.

Untuk memanfaatkan bulan Ramadan, umat Islam perlu melakukan persiapan guna memaksimalkan ibadah.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Mulai dari panduan berpuasa, jadwal sahur dan imsakiyah, membaca Al Quran, hingga mendengarkan ceramah.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa membantu memaksimalkan puasa dan ibadah-ibadah lainnya selama Ramadan:

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Ilustrasi cara kreatif rayakan ramadan

Photo :

Muslim Daily

Aplikasi ini diluncurkan oleh perusahaan rintisan atau startup gotong-royong digital, Kitabisa. Muslim Daily dapat mengaktifkan notifikasi waktu salat, membaca dan mendapatkan bimbingan membaca Al-Quran, hingga bersedekah otomatis dan bayar zakat. Aplikasi Muslim Daily bisa diunduh di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone.

Umma

Salah satu fitur utamanya adalah dapat menampilkan jadwal ibadah sesuai lokasi pengguna. Umma juga bisa menampilkan dan memberikan notifikasi terkait waktu shalat, imsak, dan buka puasa.

Kemudian, aplikasi ini punya fitur lain yang cukup menarik untuk menunjang ibadah, salah satunya seperti video live streaming siraman rohani dari para ustaz. Selain itu, aplikasi Umma juga dibekali fitur yang menunjang buat baca Al-Quran.

Pengguna bisa melihat arti dari tiap ayat Al-Quran, menandai ayat, menyimpan ayat, dan mendengarkan lantunan ayat yang disukai. Aplikasi Umma juga punya fitur tanya-jawab mengenai gaya hidup dalam pandangan Islam.

Aplikasi jadwal buka puasa dan imsak ini dapat diunduh secara gratis lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Muslim Pro adalah aplikasi yang menampilkan informasi waktu salat dan azan, imsak, berbuka puasa, dan arah kiblat yang disesuaikan dengan lokasi pengguna. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur penunjang ibadah lainnya termasuk Al-Quran, tasbih digital, penunjuk lokasi masjid, hingga kalkulator zakat. Aplikasi Muslim Pro bisa diunduh di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone.

Yaumi

Yaumi membantu penggunanya untuk mengevaluasi ibadah selama bulan Ramadan. Selain juga memiliki berbagai konten-konten dan fitur Islami seperti artikel, info kajian, komunitas Muslim, target serta pengingat ibadah. Semua fitur mudah diakses dan sangat menunjang ibadah. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store untuk Android.

Muslim Go

Aplikasi jadwal imsak dan buka puasa yang berikutnya adalah Muslim Go. Aplikasi ini menyediakan jadwal ibadah yang bakal diperbarui setiap harinya. Pengguna bisa mengetahui waktu salat, imsak, dan buka puasa lewat aplikasi ini.

Muslim Go juga dibekali notifikasi dan suara azan sebagai penanda masuknya waktu ibadah yang disesuaikan dengan lokasi pengguna berada. Selain itu, Muslim Go dibekali pula dengan fitur arah kiblat, kumpulan doa, serta artikel fiqih dan aqidah.

Aplikasi jadwal imsak dan buka puasa ini bisa diunduh di Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone). Itulah lima aplikasi yang dapat menunjang ibadah Ramadan 2024, semoga bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya