Laptop AI dengan Standar Pentagon

Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon.
Sumber :
  • David Mark/Pixabay

VIVA Tekno – Dalam dunia teknologi, pernah mendengar istilah laptop bersertifikasi military grade. Istilah ini merujuk pada sertifikat yang diberikan kepada produk laptop tertentu yang berhasil melalui serangkaian tes dan memenuhi syarat untuk menjadi produk standar militer.

3 Kali Bos Microsoft Satya Nadella ke Indonesia, Semuanya Ketemu Jokowi

Sertifikasi military grade atau disebut MIL-STD adalah serangkaian standar yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon untuk menguji ketahanan suatu perangkat yang nantinya akan digunakan untuk keperluan militer.

Sertifikasi ini diberikan kepada perangkat, termasuk laptop, yang telah berhasil melalui serangkaian tes berstandar militer.

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Tes tersebut meliputi uji ketahanan perangkat di lingkungan yang ekstrim, seperti suhu yang berubah-ubah secara drastis, turbulensi, serta lingkungan yang terlalu lembab, basah, atau berdebu.

Salah satu laptop yang sudah bersertifikasi military grade adalah Acer Swift X 14 AI. Perangkat yang sudah diperkuat teknologi kecerdasan buatan (AI) dengan desain premium dan ringan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pembuat konten atau content creator di mana dan kapan pun.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Hadir dalam sasis aluminium yang ringan dengan berat hanya 1,5 kg dan ketebalan 17,99 mm, laptop ini juga memiliki durabilitas tinggi berkat sertifikasi MIL-STD-810H, yang berarti Swift X 14 AI telah berhasil melewati serangkaian pengujian ekstrem.

Mendukung kebutuhan content creator, performanya dilengkapi dengan prosesor Intel Core Ultra 7 155H yang juga telah mendukung berbagai fitur AI, RAM 32GB LPDDR5X dan memori penyimpanan 1TB berjenis SSD NVMe.

Pengolahan grafisnya didukung Nvidia GeForce RTX 4050/4060 yang menawarkan pengalaman performa grafis lebih kencang hingga 45 persen dibanding generasi sebelumnya.

"Para pembuat konten bisa mewujudkan ide kreatifnya menjadi nyata dengan bantuan AI," kata Consumer Product Manager Acer Indonesia, Matius Tirtawirya.

Smart AI Camera yang ditenagai Acer PurifiedView 2.0 menawarkan pengalaman meeting virtual dengan visual yang begitu jernih dan minim kebisingan.

Selain itu, Acer juga melengkapi Swift X 14 AI dengan fitur Light Sensing, sebuah sensor di dekat webcam yang dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan keadaan pencahayaan di lingkungan sekitar sehingga terlihat lebih alami. Acer Swift X 14 AI sudah tersedia di Indonesia dengan harga mulai dari Rp25 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya