Pengguna HP Diminta Hati-hati

Ilustrasi perangkat/smartphone.
Sumber :
  • Dok. Kaspersky

VIVA Tekno – Pengguna ponsel pintar (smartphone/HP) diminta hati-hati. Sebab, Gerhana Matahari Total atau GMT yang akan terjadi pada Senin, 8 April mendatang bisa menyebabkan gangguan.

Realme Curi Start

Mengutip situs Dailymail, gangguan yang dimaksud bukan karena gerhana, melainkan lonjakan pengunjung yang ingin mengabadikan fenomena alam ini sehingga dapat mengganggu jaringan seluler.

Sebagai informasi, GMT hanya bisa terjadi di wilayah Amerika Utara dan Tengah. Diperkirakan satu juta orang akan pergi ke Texas, 500 ribu ke Ohio, dan hampir 400 ribu menuju Arkansas – ketiganya di Amerika Serikat (AS) – untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total.

Khawatir Kena Sadap, Hakim MK Ingatkan Peserta Sidang Tak Aktifkan Ponsel Selama Persidangan

Hal ini membuat para pejabat tiga negara bagian tersebut khawatir lantaran bisa memicu keterlambatan koneksi atau panggilan telepon yang terputus.

Untuk mengatasinya, provider T-Mobile mengerahkan titik seluler tambahan yang akan disiagakan di area lokasi pemantauan gerhana dengan perkiraan lalu lintas turis tinggi.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Sebagai gambaran, jika sebuah kota kecil di Ohio kedatangan 250 ribu pengunjung, maka provider telepon seluler akan memasang menara portabel menjelang peristiwa kosmik tersebut.

"Sinyal ponsel akan sangat buruk. Akan ada banyak masalah dengan konektivitas dan hal-hal semacam itu," kata Direktur Richland County Emergency Management Authority (EMA) Rebecca Owensm.

Sementara Juru Bicara T-Mobile Ulf Ewaldsson mengaku siap menjaga kualitas jaringannya selama GMT berlangsung.

"Tim cepat tanggap kami bekerja sama dengan pejabat negara bagian dan lokal di seluruh negeri untuk memberikan dukungan tambahan jika diperlukan untuk pertemuan besar," tuturnya.

AT&T menganalisis lalu lintas jaringan selama peristiwa serupa pada 2017 di AS, dan menemukan lonjakan aktivitas SMS maupun WhatsApp lebih dari dua kali lipat selama 24 jam jalur totalitas GMT.

Data menunjukkan peningkatan 40 persen dalam pesan teks (SMS, WhatsApp) dan peningkatan 15 persen dalam panggilan suara dalam 24 jam.

Gerhana Matahari Total terjadi ketika Bulan sepenuhnya menutupi permukaan Matahari, sehingga membuat suasana di luar ruangan menjadi gelap pada siang hari.

Pemandangan spektakuler ini akan terlihat oleh sekitar 32 juta orang di sepanjang jalur sempit melalui Amerika Utara dan Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya