Jejeran HP yang Sudah Mendukung Teknologi eSIM

SIM card atau kartu SIM.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Dalam dunia teknologi seluler yang terus berkembang pesat, kartu SIM atau SIM card yang digunakan para operator telekomunikasi mengalami berbagai kemajuan.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Mulai dari yang ukurannya besar hingga yang terkecil seperti nano SIM. Kini, inovasi terbaru adalah Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) atau kartu SIM virtual.

eSIM berbentuk modul yang terintegrasi dan melekat di dalam HP (smartphone/ponsel pintar). Pengguna cukup memindai barcode untuk mengaktifkannya, berbeda dengan kartu SIM fisik yang memerlukan instalasi manual, eSIM sudah terpasang sejak awal di motherboard HP dan dapat diaktifkan melalui proses jarak jauh dengan operator telekomunikasi.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Mengutip situs DJPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), berikut keunggulan eSIM dibandingkan kartu SIM fisik:

- e-SIM ditanam langsung pada motherboard HP, sehingga tidak akan hilang atau rusak.
- e-SIM memiliki ukuran yang lebih kecil dari nano SIM, memberikan ruang desain yang lebih fleksibel dan memungkinkan penggunaan pada perangkat yang lebih tipis.
- Pengguna tidak perlu lagi melakukan pemasangan atau penggantian kartu SIM fisik. Cukup dengan memindai kode batang untuk mengaktifkan nomor pada HP yang akan digunakan.
- e-SIM memungkinkan pengguna menyimpan beberapa profil operator telekomunikasi dalam satu perangkat secara bersamaan, sehingga memudahkan dalam beralih antar jaringan tanpa perlu mengganti kartu SIM fisik.
- Proses aktivasi e-SIM dapat dilakukan secara jarak jauh, menghilangkan kebutuhan akan distribusi fisik kartu SIM dan mempermudah pengaturan dan pengelolaan nomor oleh operator telekomunikasi.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Lantas, mengapa harus menggunakan eSIM? Karena menawarkan banyak kemudahan. Terutama, jika pengguna ingin menambah nomor baru di HP yang sama. Dengan eSIM, pengguna bisa langsung memiliki 2 kartu dalam 1 HP.

Cara mengecek apakah seri HP pengguna sudah mendukung eSIM dengan masuk ke 'Menu Settings', lalu 'Connections'. Setelah itu, pilih 'SIM Card Manager' dan apabila ada opsi Add eSIM, maka dipastikan seri tersebut sudah mendukung kartu SIM virtual. Begitu juga sebaliknya. Berikut daftar HP yang sudah mendukung eSIM:

Xiaomi

- Redmi Note 11 Pro.
- 12T Pro.
- 13.
- 13 Lite.
- 13 Pro.

Samsung

- Galaxy S21 Series.
- Galaxy S22 Series.
- Galaxy S3 Series.
- Galaxy S24 Series.
- Galaxy S20 Series.
- Galaxy Z Flip.
- Galaxy Z Flip3 5G.
- Galaxy Z Fold3 5G.
- Galaxy Z Fold3.
- Galaxy Z Fold2.
- Galaxy Fold.
- Galaxy Note 20 Ultra.
- Galaxy Note 20+.
- Galaxy Note 20.
- Samsung Watch4 LTE.
- Samsung Watch4 Classic LTE.
- Galaxy Z Flip4 5G.
- Galaxy Z Fold4 5G.

iPhone

- iPhone 15 Series.
- iPhone 14 Series.
- iPhone 13 Series.
- iPhone 12 Series.
- iPhone 11 Series.
- iPhone XS dan XS Max.
- iPhone XR.

Oppo

- Find X5.
- Find N2.
- Find X3 Pro.
- Find X5.
- Reno 6.
- Reno 5A.
- A55s 5G.

Huawei

- P40.
- P40 Pro.
- Mate P40 Pro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya