iPhone SE 4 Bikin Kaget

iPhone SE 4.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – iPhone SE dikenal sebagai lini ponsel pintar Apple yang terjangkau. Kabarnya, Apple sedang menyiapkan iPhone SE 4 sebagai penerus iPhone SE 3 yang rilis pada 2022.

Mardiono Dorong Pesantren Wujudkan Ketahanan Pangan

Namun, bocoran dari Revegnus di X.com menyebutkan bahwa iPhone SE 4 akan memiliki harga yang lebih tinggi dari pendahulunya. iPhone SE 4 diprediksi harganya antara US$429-499 (Rp6,9 juta sampai Rp8 juta).

Jika harga iPhone SE 4 baru AS naik 10 persen, maka harganya akan mendekati US$470 (Rp7,5 juta). Kenaikan harga ini tentu mengejutkan, iPhone SE selalu digemari karena harganya yang terjangkau.

Arab Saudi Uji Coba Taksi Terbang Tanpa Pilot untuk Angkut Jemaah Haji

Lantas, apa penyebabnya? Desain iPhone SE 4 dikabarkan memiliki desain yang terinspirasi dari iPhone 14 dengan notch yang lebih kecil dan face ID.

Penggunaan teknologi baru ini kemungkinan besar meningkatkan biaya produksi. Spesifikasi bocoran lain menyebutkan bahwa iPhone SE 4 akan menggunakan chip A16 Bionic terbaru dari Apple.

iPhone X Ternyata Masih Dilirik

Chipset ini lebih kuat dan hemat daya dibandingkan chip di iPhone SE 3. Namun, diberitakan sebelumnya bahwa posisi Apple di pasar ponsel global sedang goyah karena berbagai faktor.

Menurut Mark Gurman, iPhone dengan harga murah dan fokus ke pasar negara berkembang bisa menjadi solusi untuk meningkatkan penjualannya. Ia juga mengatakan bahwa  Apple seharusnya menjual iPhone murah dengan harga US$250 atau Rp4 jutaan.

Raksasa teknologi itu bisa membatasi penjualan iPhone murah di negara berkembang saja jika tidak ingin mengurangi kesan premium iPhone di negara lainnya.

"Apple bisa menekan biayanya dengan menggunakan pendekatan panel LCD layar penuh - ketimbang display OLED yang lebih mahal yang digunakan iPhone saat ini - dan mengurangi jumlah kameranya," kata Gurman, seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu, 22 Mei 2024.

"Perangkat tersebut mungkin akan menggunakan chip yang lebih tua tapi masih mumpuni, dan mungkin cangkang plastik (yang masih mempertahankan desain industrial Apple)," sambungnya.

Mark Gurman juga mengatakan bahwa iPhone SE 4 akan diluncurkan pada 2025.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya