7 Trik Jitu Atasi Memori HP Android Penuh, Ternyata Mudah Banget

HP Android.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Tekno – Di era digital ini, smartphone menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Beragam aktivitas bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone, mulai dari berkomunikasi, bekerja, hingga bermain game.

Moeldoko Sebut Prabowo dan Jokowi Sempat Bahas Pemerintahan Baru

Namun, seiring dengan banyaknya aplikasi yang di instal dan file yang disimpan, memori internal HP Android pun bisa cepat penuh.

Memori HP yang penuh dapat membuat performa smartphone menjadi lambat dan lemot. Hal ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi memori HP Android yang penuh.

8 Trik Jitu Mengatasi Penyimpanan Gmail yang Penuh

Generasi milenial tidak bisa jauh dari smartphone.

Photo :
  • Boston Consulting Group
Tim Sinkronisasi Diisi Elit Gerindra, Demokrat Bela Kalau Itu Kewenangan Prabowo Subianto

Berikut 7 cara mudah untuk mengatasi memori HP Android yang penuh:

1. Hapus Foto dan Video yang Tidak Penting

Foto dan video merupakan salah satu penyumbang terbesar penggunaan ruang penyimpanan di HP Android. Coba cek kembali galeri dan hapus foto serta video yang sudah tidak di perlukan, seperti foto buram, video duplikat, atau momen-momen yang sudah tidak penting lagi.

2. Bersihkan File WhatsApp

WhatsApp juga dapat memakan banyak ruang penyimpanan, terutama jika Anda aktif di grup yang ramai dengan banyak gambar dan video. Coba bersihkan file WhatsApp dengan menghapus foto, video, dan dokumen yang sudah tidak kamu perlukan.

Selain itu, coba matikan fitur download otomatis pada WhatsApp dengan cara di bawah ini.

Buka aplikasi WhatsApp - Pilih ikon tiga titik yang terdapat di bagian atas - Kemudian pilih Setelan dan klik 'Penyimpanan dan data' - Pada fitur 'Saat menggunakan data seluler', hilangkan centang pada foto audio, video, dan dokumen - Lakukan hal yang sama pada fitur 'Saat terhubung ke Wi-Fi'.

3. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Aplikasi yang jarang digunakan hanya akan memakan ruang penyimpanan tanpa memberikan manfaat. Coba cek daftar aplikasi di HP Anda dan hapus aplikasi yang sudah lama tidak di gunakan.

4. Hapus Cache Aplikasi

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat kinerja. Namun, cache yang menumpuk lama-kelamaan dapat memakan ruang penyimpanan. Coba bersihkan cache aplikasi secara berkala untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Caranya, buka menu pengaturan, kemudian masuk ke menu Apps - pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya dan klik Clear Cache pada menu App Info.

5. Pindahkan File ke Cloud Storage

Cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox memungkinkan kamu untuk menyimpan file di internet. Manfaatkan layanan ini untuk memindahkan file-file besar yang jarang Anda gunakan, seperti foto dan video, ke cloud storage.

6. Gunakan Kartu Memori Eksternal

Jika HP Anda memiliki slot micro SD, Anda dapat menambahkan kartu memori eksternal untuk memperluas ruang penyimpanan. Pindahkan file-file besar seperti foto, video, dan musik ke kartu memori eksternal.

7. Gunakan Aplikasi Pembersih

Banyak aplikasi pembersih yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan HP Android. Aplikasi ini dapat memindai HP Anda dan secara otomatis menghapus file sampah, cache aplikasi, dan data yang tidak perlu lainnya.

Tips Tambahan:

1.  Aktifkan fitur "Auto-save to SD card" untuk menyimpan foto dan video baru ke kartu memori eksternal secara otomatis.

2. Gunakan aplikasi versi lite yang memiliki ukuran lebih kecil dan hemat ruang penyimpanan.

3. Hindari mengunduh file yang tidak perlu, seperti film atau musik yang jarang Anda dengarkan.

4. Lakukan backup data HP Anda secara berkala ke cloud storage atau komputer untuk menghindari kehilangan data jika HP Anda mengalami kerusakan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat dengan mudah mengatasi memori HP Android yang penuh dan kembali menggunakan HP dengan nyaman.

Ingatlah untuk selalu rutin membersihkan file-file yang tidak perlu dan mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan HP Anda agar performa HP tetap terjaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya