Piala Eropa dan Olimpiade Picu Lonjakan Penjualan TV Layar Besar

TV layar besar LG 98QNED89.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Tren penjualan televisi atau TV layar besar diklaim terus mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir.

Main Game di TV OLED Ini Enggak Bakal Patah-patah, Kata Vincent

Untuk TV ukuran 55 inci ke atas mengalami peningkatan sebesar 29 persen di tahun lalu dari 25 persen pada 2022. Sedangkan, pada kuartal pertama tahun ini naik menjadi 32 persen.

TV layar besar menjadi televisi paling laris, menggusur TV ukuran 32 dan 43 inci. Tingginya permintaan TV juga karena menyambut ajang olahraga dunia, Euro 2024 alias Piala Eropa (Juni-Juli) di Jerman dan Olimpiade 2024 (Juli-Agustus) di Paris, Prancis.

Shin Tae-yong Sindir Wasit Prancis FIFA yang Tak Bisa Bahasa Inggris

Terkait meningkatnya pangsa pasar TV 55 inci ke atas dan even olahraga, LG Electronics Indonesia meluncurkan TV premium 98QNED89.

Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia Vincent Martana Wenas mengaku jika permintaan konsumen di Indonesia terhadap TV layar besar terus mengalami peningkatan.

Shin Tae-yong Bongkar Isi Protesnya ke Wasit Playoff Olimpiade 2024, Terang-Terangan Tantang FIFA

Hal ini terjadi pada saat pandemi Covid-19, di mana konsumen mulai mencari TV layar besar dan akhirnya terbiasa dengan TV layar besar.

"Kami dua ajang olahraga dunia bisa mendongkrak penjualan TV digital atau smart TV sekitar 20 sampai 30 persen," kata dia.

Bagi pecinta olahraga, TV LG 98QNED89 dilengkapi fitur Sport Portal untuk memberikan jadwal pertandingan terkini tim favorit.

Pengguna bahkan dapat mendaftarkan sembilan cabang olahraga yang disukainya, sekaligus mendaftarkan hingga 20 tim didalamnya untuk menerima jadwal pertandingan masing-masing tim.

TV layar besar ini pun bakal memberikan pengingat berupa notifikasi yang muncul di layar TV bila tim favorit yang didaftarkan lagi bertanding, termasuk notifikasi saat memulai pertandingan, perubahan poin yang didapat, dan hasil akhir pertandingan.

Untuk kenyamanannya, tampilan utama antarmuka versi terbaru webOS ini dilengkapi dengan Dynamic Q Card. Tampilannya membagi menu TV dalam berbagai kategori seperti Home Office, Home Hub, Sports dan Game.

Di sisi lain, LG QNED TV 2024 ini juga mendukung konektivitas dengan Apple Airplay dan Chromecast untuk membuka peluang lebih luas bagi pengguna menikmati berbagai konten dari sumber lain yang terhubung.

Harga jual LG 98QNED89 sebesar Rp63 juta per unit. Kualitas tayangan dari layar berbentang 98 inci tersebut akan mudah mencuri perhatian bagi pecinta film maupun gaming.

"Permintaan TV 98 inci mengalami peningkatan. Tahun lalu, penjualannya mencapai 198 unit di Indonesia yang diperebutkan beberapa merek seperti Samsung, Aqua dan TCL. Sampai kuartal pertama tahun ini penjualan TV 98 inci sudah mencapai 412 unit. Kami menargetkan penjualannya mencapai 1.650 unit hingga akhir tahun ini," klaim Vincent.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya