5 Potensi Bahaya Memainkan HP sambil Dicas

Ilustrasi ngecas ponsel.
Sumber :
  • www.pixabay.com/HutchRock

VIVA Tekno – Penggunaan ponsel di era modern telah menjadi kebutuhan esensial bagi banyak orang.

Motorola Siap Rilis Ponsel Tertipis di Dunia Standar Militer

Fungsinya yang beragam mulai dari komunikasi hingga akses informasi membuat kita sulit lepas dari perangkat canggih ini.

Bahkan, tak sedikit orang-orang tetap memainkan ponselnya walaupun ponsel tersebut sedang dicas.

RS Citra Arafiq Depok Kebakaran Diduga dari Percikan Rokok

Charger HP di mobil.

Photo :
Bandara JFK New York Kebakaran, 9 Orang Luka-luka dan 3 Penerbangan Dibatalkan

Meskipun terkesan sepele, kebiasaan mengisi daya ponsel sambil digunakan ternyata menyimpan bahaya besar. Risiko ini tidak hanya membahayakan pengguna, tetapi juga dapat merusak ketahanan baterai ponsel dalam jangka panjang.

Berikut beberapa alasan utama mengapa kebiasaan ini sangat berbahaya:

1. Risiko ledakan dan kebakaran

Baterai ponsel yang sedang diisi daya dalam keadaan panas. Penggunaan ponsel saat dicas akan memperparah kondisi panas ini, meningkatkan potensi terjadinya korsleting, ledakan, dan kebakaran.

2. Kesetrum

Kerusakan pada kabel charger, port USB, atau baterai ponsel dapat menyebabkan kebocoran arus listrik. Hal ini berakibat pada risiko tersengat listrik saat menggunakan ponsel yang sedang dicas.

3. Gangguan kesehatan

Paparan radiasi elektromagnetik dari ponsel yang dipegang dekat dengan telinga saat dicas dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan jaringan otak dan telinga.

4. Kerusakan baterai

Penggunaan ponsel saat dicas dapat mempercepat kerusakan baterai, sehingga baterainya menjadi lebih cepat bocor, kembung, atau tidak dapat menyimpan daya dengan optimal.

5. Potensi Kehilangan data

Bagi pengguna yang jarang melakukan backup data, kehilangan data menjadi konsekuensi serius dari kebiasaan menggunakan ponsel saat dicas.

Ketika ponsel panas berlebih akibat penggunaan saat dicas, berbagai kerusakan internal dapat terjadi, termasuk pada penyimpanan internal ponsel. Hal ini dapat mengakibatkan data hilang secara permanen, seperti foto, video, kontak, dan dokumen penting.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan ponsel secara berlebihan saat sedang dicas. Sebaiknya istirahatkan ponsel sesekali dan hindari penggunaan aplikasi berat yang dapat menghasilkan panas pada ponsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya