2015, Segmen Bisnis Kuasai 30% Pasar Tablet

Foto tablet PC Toshiba yang dilengkapi OS Android Honeycomb
Foto tablet PC Toshiba yang dilengkapi OS Android Honeycomb
Sumber :
  • technewsdaily.com

VIVAnews - Tablet komputer merupakan salah satu tren utama di pasar teknologi informasi  yang akan datang. Sepanjang tahun 2010, sebanyak 18,3 juta tablet berhasil terjual dan akan ada 100 model tablet baru yang diluncurkan pada 2011.

Menurut data yang dilansir oleh Frost & Sullivan, dari 18,3 juta tablet yang terjual sepanjang 2010, iPad memiliki pangsa pasar terbesar secara global, yakni sekitar 90 persen.

“iPad yang diproduksi oleh Apple diperkirakan akan tetap memimpin pasar tablet global dalam jangka pendek dan menengah,” kata Iwan Rachmat, Senior Consultant Information and Communication Technologies Frost & Sullivan Indonesia, pada keterangannya, Kamis 3 Maret 2011.

Namun demikian, Iwan menyebutkan, pendatang baru seperti RIM, Cisco, Avaya dan perangkat berbasis Android diperkirakan juga akan meraih pangsa pasar yang relatif cepat dalam jangka pendek.

Dengan daya tarik kosumen yang kuat, belakangan ini sektor usaha juga menunjukkan adanya peningkatan minat dalam pengunaan tablet. Sebagai gambaran, dari total unit yang terjual di seluruh dunia pada tahun 2010, hanya 5 persen dibeli oleh sektor bisnis. Ke depannya, persentase ini diperkirakan akan meningkat dan mencapai 30 persen pada tahun 2015.

“Saat ini masih ada faktor yang menghambat penetrasi tablet di pasar korporat,” kata Iwan. “Penggunaan dan akses melalui tablet yang belum umum, terbatasnya pengembang aplikasi, sedikitnya jumlah data plan dan subsidi dari operator dan harga tablet yang tinggi di pasar lokal merupakan hambatannya,” ucapnya.

Di Indonesia, Iwan mengungkapkan, demam tablet PC mulai terasa sejak pertengahan 2010 saat Apple mulai merambah dunia dengan iPad-nya. “Dari awal, pasar yang sedang demam “internet” sudah menunggu-nunggu kehadiran iPad di pasar, walaupun dengan antisipasi harga yang masih tinggi,” ucap Iwan. (umi)