Apple Siapkan iPhone Berbasis LTE

Opera Mini untuk iPhone
Opera Mini untuk iPhone
Sumber :
  • neolaia.gr

VIVAnews - Apple berencana mengembangkan iPhone berbasis LTE. Bukan sebuah kejutan besar, tapi setidaknya ini telah dikonfirmasi China Mobile sebagai mitra. Kabarnya, konsep smartphone itu akan bekerja di standar TD-LTE milik operator yang memiliki 584 juta pelanggan di China itu.

Demikian disampaikan Chairman China Mobile Wang Jianzhou, usai konferensi konsultatif politik warga China, di Beijing. Dikutip VIVAnews dari Cellular News, Senin 7 Maret 2011.

"Jobs menyatakan minatnya terhadap iPhone LTE dan bersedia untuk mengembangkannya dalam waktu dekat," ujar Wang. Namun, seperti disiarkan sebelumnya, Apple iPhone 5 hampir tidak pasti akan mendukung jaringan LTE, melainkan HSPA+.

"iPhone generasi berikutnya - iPhone 6 - sedang dalam pengembangan sebagai smartphone LTE. Kira-kira akan diluncurkan pertengahan tahun depan," kata analis Telecom Pragmatics Sam Greenholtz, mengutip sejumlah sumber yang dekat dengan isu tersebut.

Saat ini, China Mobile sedang menjalankan versi yang lebih khusus dari platform LTE, yakni TD-LTE, sehingga Apple harus mengembangkan handset yang spesifik pula untuk dapat beroperasi di jaringan tersebut. Harapannya, jaringan operator lain juga akan mengadopsi teknologi yang sama di masa depan.

Jika China Mobile tetap menjadi operator tunggal yang mengadopsi TD-LTE, jumlah pelanggannya diperkirakan yang terbesar di China atau bahkan dunia. Sehingga investasi dalam mengembangkan iPhone di China sangat masuk akal.

China Mobile diperkirakan akan mulai mengembangkan jaringan LTE tahun ini. Operator yang berkantor pusat di Hong Kong itu telah menyelenggarakan uji coba LTE bersama Verizon dan Vodafone. Rivalnya, China Telecom dan China Unicom, diharapkan akan mulai mengembangkan LTE pada tahun 2012 dan 2013.