iOS 5 Diluncurkan, iPhone 5 Menyusul?

Apple iPhone 4
Sumber :
  • GSM Arena

VIVAnews - Versi terbaru sistem operasi milik Apple, iOS 5, dikabarkan akan segera rilis dalam dua minggu ke depan. Informasi yang diungkap pengembang iOS ini seakan menjadi indikasi kalau iPhone versi terbaru juga akan dirilis dalam jangka waktu yang hampir bersamaan.

Sebelumnya, Apple sudah memberikan peringatan kepada pengembang iOS bahwa pihaknya akan segera me-reset data back-up yang disimpan di iCloud. "Melakukan back up data atau menyimpan dari data yang di-back-up di iCloud tidak akan tersedia sejak 09,00 waktu PDT (Pasific Daylight Time) hingga 17.00 waktu PDT..."

"Setelah reset ini, Anda bisa menyimpan dari back up yang dibuat sejak 22 September. Back up penuh akan terjadi secara otomatis saat perangkat Anda melakukan back up lagi di iCloud," demikian peringatan Apple.

Mengapa para pengembang yang diberitahu bahwa back up yang telah ada akan dihapus bisa mengindikasikan segera rilisnya iPhone terbaru?

"Karena format back up telah difinalisasi, dan format lama yang tak sesuai dengan format baru itu tak seharusnya berada di layanan iCloud. Itu kuncinya: 'Finalisasi'," ujar salah seorang pengembang. 

Apa kaitan finalisasi iOS dengan iPhone terbaru? Ini karena iOS5 telah dibuat dalam versi beta sejak 6 Juni, saat diumumkan di Konferensi Pengembang Dunia yang diadakan Apple. Harapannya adalah bahwa dalam finalisasinya, versi kerja akan dirilis ke seluruh dunia bulan ini--dan apa artinya rilis jika tidak disertai ponsel terbaru? Karena itu banyak yang menduga iPhone terbaru dirilis bersamaan dengan iOS 5.

Pengembang lain kemudian mengatakan, bahwa IOS 5 tampaknya siap untuk tayang di 'prime time'. "IOS 5 beta 7 adalah telah berusia dua minggu. Saya memiliki keyakinan bahwa Apple telah melakukan perbaikan internal yang menjawab sebagian besar isu hebat yang beredar. Kami sudah diberitahu bahwa iCloud akan di-reset pada 22 September, yang tampaknya menunjukkan ada sesuatu yang sedang terjadi," tuturnya.
 
"Dugaan saya akan ada beta lain di hari Jumat, yang juga diperkirakan sebagai finalisasi. Kemudian akan diikuti adanya sebuah acara Apple pada 28 September, atau Rabu berikutnya yang menjadi waktu perilisan," jelasnya.

Saat bertanya kepada sejumlah pelaku bisnis mobile mengenai kapan dan di mana iPhone terbaru bisa didapat, sebagian menjawab "tidak tahu" atau "sebelum natal". Baik, mungkin itu bisa menjadi waktu penanda.

Tapi seorang yang bergerak di bidang penjualan mobile mengatakan sudah menerima pemesanan individu sebanyak 15 unit iPhone 5. Minat terhadap iPhone memang lebih tinggi, bila dibandingkan BlackBerry versi terbaru.

Tapi hingga saat ini, Humas Apple tidak bersedia berkomentar soal peluncuran iOS 5 atau peluncuran iPhone terbaru.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024