Ponsel Fitur Dongkrak Pendapatan Nokia

Nokia C2-00, salah satu ponsel dual GSM pertama Nokia
Sumber :
  • nokia.com

VIVAnews - Nokia, produsen ponsel terbesar, melaporkan penurunan keuntungan di kuartal tiga. Namun, penurunan itu lebih kecil dibanding perkiraan karena pemotongan harga dan peluncuran produk terbaru berhasil mendongkrak penjualan ponsel, khususnya di pasar penting seperti India.

Nokia, yang tengah berjuang untuk kembali menjadi pesaing di segmen smartphone kelas atas dengan produk-produk berbasis Windows Phone mereka yang akan datang menyebutkan, mereka berhasil menjual 89,8 juta unit ponsel fitur.

Prediksi sebelumnya, produsen asal Finlandia itu hanya akan mampu menjual 67 sampai 89,7 juta unit ponsel saja. Menurut analis, kunci keberhasilan Nokia adalah melindungi posisi di pasar negara berkembang seperti India karena Apple juga mulai masuk ke smartphone murah.

“Pencapaian ini tentunya lebih baik dari perkiraan. Volume penjualan ponsel memegang peranan penting dalam peningkatan pendapatan perusahaan,” kata Jari Honko, analis dari Swedbank, dikutip dari Reuters, 25 Oktober 2011. “Penjualan smartphone juga lebih baik dari perkiraan,” ucapnya.

Honko menyebutkan, tampaknya Nokia sedang berada dalam tahap pemulihan, rebound, dan ini sudah diperkirakan. “Sinyalemen yang muncul di kuartal keempat menunjukkan bahwa tren ini akan berlanjut,” ucapnya.

Nokia sendiri memperkirakan bahwa pada kuartal keempat ini mereka akan meraih margin keuntungan antara 1 sampai 5 persen dari bisnis ponsel fitur mereka.

“Tampaknya tahun ini mereka akan meraih hasil yang lebih baik dibanding perkiraan. Namun ujian sebenarnya akan terjadi di tahun 2012,” kata Thomas Langer, analis dari WestLB.

Menggunakan software Microsoft, Nokia berharap akan merebut perhatian pasar dari Apple dan Google serta menarik para pengembang software untuk memperkaya platform mereka.

Sejauh ini, keberhasilan Windows Phone sendiri masih terbatas. Pangsa pasar mereka hanya mencapai 2 sampai 3 persen. Bandingkan dengan pangsa pasar Android yang mencapai 50 persen dan Apple yang sekitar 15 persen.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah
Capres Nomor 03 Ganjar Pranowo di debat terakhir capres 2024

Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan

KPU menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wapres terpilih hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024