VIDEO: Nokia Perlihatkan Ponsel Lentur

Nokia perlihatkan ponsel lentur
Sumber :
  • youtube.com

VIVAnews - Nokia kemarin memperkenalkan dua Windows Phone di acara konferensi tahunan Nokia World di London. Tak hanya memperkenalkan dua smartphone Windows tipe Lumia, Nokia juga mengungkap prototipe masa depan ponsel ala produsen ponsel asal Finlandia ini.

Salah satu prototipe yang diperkenalkan adalah perangkat kinetik, atau ponsel yang memiliki kelenturan, baik itu display atau body ponsel.

Kelenturan itu pun ternyata memiliki fungsi. Genggam ponsel itu dengan kedua tangan, ketika dibentangkan atau dilenturkan maka itu akan berfungsi seperti scroll dan slide di touchscreen

Cara ini juga bisa dilakukan untuk zoom in atau zoom out gambar, kalau di Android, fungsinya sama dengan pinching atau mencubit layar.

Nokia menggunakan layar OLED untuk perangkat kinetik ini. Belum diketahui kapan ponsel lentur ini akan dipasarkan, karena prototipe ini masih dalam penyempurnaan.

Tapani Jokinen, yang memulai teknologi ini sejak dua tahun lalu dalam tim khusus Nokia, tidak menjelaskan apakah Nokia sedang mempersiapkan untuk segera meluncurkan ponsel ini.

Bagaimana ponsel ini bisa melentur?

Menurut orang Nokia yang mendemonstrasikan, ponsel lentur ini dibuat dengan menguji coba carbon nanotubes yang properti elektriknya berubah saat dibentangkan. Nanotubes ini ditempel di materi fleksibel yang memungkinkan perangkat untuk mengendalikan layar ketika dibentangkan atau dilenturkan.

Jika jadi diproduksi, tentu perangkat ini akan mempermudah, terutama tuna netra dalam mengendalikan perangkat elektroniknya. Karena itu, Nokia diharapkan segera memelopori perangkat elektronik lentur ini.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Seperti apa ponsel lentur? Lihat videonya di tautan ini.

Head of Market Unit Nokia Indonesia Ozgur Erzincan.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Nokia mengumumkan kalau mereka telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi jaringan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024