Google Bantah Tuduhan Android Produk Curian

Ilustrasi aplikasi Android.
Sumber :

VIVAnews - Kepala Eksekutif (Executive Chairman) Google, Eric Schmidt, menjawab tuduhan pendiri Apple Steve Jobs, soal sistem operasi Android. Dalam biografi yang ditulis  Walter Isaacson, Steve Jobs menyebut Android sebagai produk curian, dan Jobs akan melakukan segala upaya hingga akhir hayatnya untuk melawan Android.

Seperti dikutip dari Reuters, menurut Schmidt, sistem operasi Android telah diciptakan sebelum iPhone. Saat ini, Google pun dinilai banyak orang sebagai inovator.

"Secara umum, saya pikir semua akan setuju kalau Google merupakan inovator hebat. Saya juga akan menjelaskan, upaya membuat Android telah dimulai sebelum upaya membuat iPhone ada," kata Schmidt, dalam rangkaian tur Asianya di Korea Selatan.

Namun, Eric Schmidt menolak untuk memberikan komentar mengenai pernyataan Steve Jobs yang ditulis di buku Walter Isaacson. Hingga saat ini, Google sangat menghargai pribadi Steve Jobs. "Steve merupakan orang yang sangat fantastis dan orang yang sangat saya rindukan," ucap Schmidt.

Dalam buku biografi Steve Jobs, dikisahkan Steve Jobs sangat marah saat HTC memperkenalkan ponsel berbasis Android pertamanya. Apalagi, Steve Jobs mengetahui kalau Android dengan bangganya diperkenalkan sebagai produk yang ternyata menggunakan sejumlah fitur yang sama dengan iPhone.

Steve Jobs kemudian menemui Eric Schmidt, mantan dewan petinggi Apple yang kemudian mengundurkan diri saat Google dan Apple bersaing ketat di penjualan smartphone. Dalam pertemuan di sebuah kafe di Palo Alto, Jobs berkata kepada Schmidt kalau dia tak tertarik mengajukan gugatan, dan pertemuan berlangsung tanpa hasil.

Dalam kunjungan di Korea Selatan ini, Eric Schmidt juga kembali menegaskan tidak akan menganak-emaskan Motorola dalam menggunakan sistem operasi Android.

"Secara umum, kepada mitra kami, kami mengatakan pembicaraan mengenai Motorola telah selesai, dan kami akan menjalankannya (Motorola) secara biasa dan independen," kata Schmidt.

Schmidt pun kembali menegaskan komitmen Google untuk menjadikan Android sebagai platform yang terbuka. "(Pembelian Motorola oleh Google) ini tidak akan mencelakai keterbukaan Android. Kami tak akan mengubah dalam cara apapun, dari apa yang sudah kami operasikan saat ini," jelas Schmidt.

Sidang PHPU, KPU Tepis Sirekap Jadi Bagian Kecurangan Pemilu

Seperti diketahui, saat ini Asia memang menjadi rumah bagi sejumlah produsen smartphone berbasis Android. Di Korea Selatan, setidaknya ada Samsung dan LG. Sedangkan, di Taiwan, Google menjalin kerjasama dengan HTC. Samsung dan HTC pun memiliki peningkatan penjualan signifikan setelah menggunakan sistem operasi Android.

Dalam kunjungan di Korea Selatan, Eric Schmidt juga bertemu dengan Presiden Lee Myung-bak. Di pertemuan ini, Google mengatakan akan membuka channel di YouTube untuk mempopulerkan K-Pop atau Korea Pop, yang merupakan andalan Korea dalam menyebarkan gelombang Korea ke seluruh dunia.

Selain Korea Selatan, Eric Schmidt juga dijadwalkan akan mengunjungi Taipei dan Beijing dalam tur Asia ini. (eh)

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran
Ilustrasi lahan.

Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah

Dalam hal ini Alson selaku juru bicara Polres Bintan, jelaskan bahwa pemanggilan Hasan sebagai saksi terkait kasus dugaan pemalsuan surat lahan di Kecamatan Bintan Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024