Keyboard Ini Tahan Air dan Bisa Dicuci

Washable Keyboard 310 Logitech
Sumber :

VIVAnews - Hampir seluruh pengguna komputer punya masalah dengan keyboard alias papan ketik, mulai dari terkena tumpahan air, kue, debu, sampai minyak setelah memegang makanan goreng. Tentu Anda tahu, hal itu lama-kelamaan bisa merusak keyboard.

Menjadi solusi alternatif, Logitech memperkenalkan Logitech Washable Keyboard 310, inovasi keyboard yang dapat direndam dan dicuci di dalam air.

"Bagi orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer, keyboard ini menjawab masalah ketumpahan air dan kotor, karena bisa langsung dicuci dan dibersihkan," ujar Kurniadih Sutanto, Country Manager Logitech Indonesia, di Jakarta, 5 Maret 2013.

Logitech Washable Keyboard 310 hadir dengan dimensi 43,6 x 14 x 1,9 cm. Dari sisi desain, keyboard anyar ini tampil dengan Retro Chic dua warna kombinasi papan abu-abu dan tuts putih serta bagian bawah biru.

Tuts didesain lebar dan tebal untuk memaksimalkan pengalaman pengguna ketika mengetik. Penampang hanya setebal 1 cm, sangat tipis dibanding keyboard pada umumnya, yang rata-rata 1,5 cm. Terdapat dua kaki tumpuan di belakang keyboard, sehingga bisa dimiringkan hingga 8 derajat.

Teknologi Keyboard

Terancam PHK Massal, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Demo di Depan MA

Hingga bisa dicuci, Washable Keyboard 310 didukung beberapa teknologi. Pertama, struktur papan ketik ini dilapisi dengan materi teflon. Ini memaksimalkan permukaan keyboard dari guyuran benda cair.

"Konstruksi cetakan pada tuts yang dibuat melalui teknologi laser printing dan lapisan UV membuat tombol keyboard tidak mudah pudar, empat kali lebih kuat dibandingkan keyboard biasa," kata Kurniadih.

Kedua, pelindung belakang keyboard ini dilengkapi 120 lubang pengaliran yang tersebar di sepanjang pinggir bagian bawah keyboard. Ini memungkinkan keyboard gampang dikeringkan. Desain rongga dalam keyboard yang cukup luas memudahkan air untuk mengalir.

Komponen elektronik pada keyboard ini diproteksi dengan karet PCB Sealing. Komponen lain yang dilindungi, yaitu port USB, yang disediakan penutup.

Selanjutnya, untuk memudahkan pembersihan kotoran, Logitech Washable Keyboard 310 dilengkapi dengan fasilitas kuas pembersih halus (brush) yang diselipkan pada bagian belakang keyboard.

Pencucian keyboard ini disarankan direndam dalam waktu maksimal 5 menit dengan kedalaman air maksimal 30 cm, suhu air maksimal 50 derajat celcius.

Ketika mencuci, lebih baik menggunakan spon halus dengan cairan antiseptik maupun pencuci piring. "Tidak disarankan mencuci dengan cairan asam atau beralkohol tinggi," ujar Kurniadih.

Sementara ini, Washable Keyboard 310 masih tersedia dengan versi kabel USB. Untuk versi Wi-Fi tetap ada kemungkinan ke depan.

Keyboard canggih ini telah beredar di pasar Indonesia dengan banderol Rp450 ribu, termasuk garansi tiga tahun. (umi)

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok
Starbucks Indonesia menyerahkan ribuan buku untuk anak-anak.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Ribuan buku tersebut merupakan donasi dari para pelanggan Starbucks Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024