Ini Daftar Tingkat Radiasi Ponsel Pintar Top Dunia

Apple luncurkan iphone 6
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam
VIVAnews - Paparan radiasi yang dihasilkan perangkat elektronik sangat ketat diatur di pasar Amerika Serikat. Semua perangkat yang beredar akan dievaluasi tingkat paparan radiasinya oleh Komisi Komunikasi Federal di negeri Paman Sam. Evaluasi itu dilakukan, sebab hal itu penting menyangkut kesehatan pemakai perangkat. 
Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Melansir Phone Arena, Senin 6 Oktober 2014, setiap ponsel harus memenuhi pengukuran Tingkat Penyerapan Khusus, atau dikenal dengan SAR. Disebutkan, ambang batas sebuah perangkat dalam uji paparan radiasi yaitu yakni 1,6 watt per kilogram, atau lebih dari satu gram jaringan. Dilaporkan, beberapa ponsel pintar kelas atas, nyatanya nyaris tak lulus pengujian paparan radiasi. 
Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Ponsel anyar Apple, iPhone 6 nyaris tak bagus untuk kesehatan pengguna, sebab tingkat SAR iPhone 6 hampir menyentuh ambang batas. iPhone 6 hanya tinggal 0,01, di bawah ambang batas 1,6 Watt/kg. Salah satu dugaan penyebab iPhone 6 jauh dari ambang batas itu disebutkan karena badan LTE pada iPhone 6. 
Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Dalam pengujian akan terlihat dalam gambar termografik yang akan menunjukkan seberapa tingkat paparan radiasi sebuah perangkat. Gambar termografik akan menunjukkan tingkat radiasi ponsel, setelah 15 menit pengguna melakukan panggilan. 

Jika dalam termografik menampilkan warna merah dan kuning yang menunjukkan efek termal yang bisa menyebabkan dampak kesehatan buruk. Makin merah dan kuning sebuah grafik, ponsel makin tidak baik untuk kesehatan. 

Nah, bagaimana dengan ponsel pintar, atau perangkat high-end lainnya. Berikut, hasil pengujian SAR beberapa perangkat :

1. LG G3, tingkat SAR (0,99 W/Kg)
2. Samsung Galaxy Note 3 (1,07 W/Kg)
3. Samsung Galaxy S5 (1,28 W/Kg)
4. Samsung Galaxy Note 4 (1,2 W/Kg)
5. HTC One M8 (1,29 W/Kg)
6. Lg G2 (1,44 W/Kg)
7. Sony Xperia Z3 Compact (1,45 W/Kg)
8. Apple iPhone 6 (1,59 W/Kg).

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya