Apple Diklaim Kuasai 93 Persen Keuntungan Industri

Apple iPhone.
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam

VIVA.co.id - Meski pangsa pasarnya terus menurun, namun perusahaan riset percaya bahwa Apple masih menguasai pasar. Bahkan, dalam riset terbaru ditemukan bahwa Apple mendominasi keuntungan industri ponsel di kuartal terakhir 2014 ini.

Perusahaan riset bernama Canacord Genuity itu menyatakan hal itu dalam laporan terbarunya. Dalam laporan tersebut, diperlihatkan bahwa keuntungan industri smartphone pada kuartal keempat 2014 ini dikuasai oleh hanya satu perusahaan, Apple.

Operating Value Share berdasarkan OEM per kuartal

"Saya membuat ini berdasarkan pencapaian yang cukup impresif di kuartal ini. Bahkan, diprediksi pada 2018 nanti, sepertiga pengguna smartphone akan menggunakan iPhone," ujar periset dari Canaccord, Mike Walkley, seperti dikutip dari Technology Tell, Selasa 10 Februari 2015.

Ini artinya, akan ada 650 juta pengguna iPhone di seluruh dunia. Dengan prediksi itu, Walkley optimistis bahwa saham Apple akan naik menjadi US$145 per saham.

Dalam kuartal terakhir di 2014 ini, industri smartphone memang tidak memiliki keuntungan yang cukup signifikan. Di luar Samsung dan Apple, vendor smartphone melaporkan penurunan profit.

Kebanyakan pengguna iPhone secara global tidak menggunakan iPhone 6. Hanya sedikit dari mereka yang menggunakan produk terbaru Apple itu. Dari sekitar 404 juta, hanya 15 persen yang menggunakan iPhone 6. (asp)

Dolar AS Menguat, Penjualan Perusahaan AS ini Menurun

Baca juga:

Iphone, salah satu produk Apple.

Analis: iPhone 7 Bakal Mengecewakan

Apple kemungkinan rilis iPhone 7 pada September.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016