Jual Smartphone, Lenovo Tiru Strategi Xiaomi?

Lenovo A6000.
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus

VIVA.co.id - Hari ini, Senin 23 Maret 2015, Lenovo resmi meluncurkan ponsel teranyarnya, A6000. Ponsel pintar ini merupakan device 4G Long Term Evolution (LTE) pertama yang dihadirkan di tahun 2015.

Selain itu, untuk kali ini vendor asal Tiongkok melakukan strategi penjualannya melalui jalur online. Dengan menggandeng Lazada Indonesian Lenovo mengklaim selama pre-order lalu, A6000 telah laku terjual ribuan unit dalam tempo singkat.

"Saya yakin produk ini akan sangat diterima oleh konsumen Indonesia, terbukti 5.000 unit A6000 ditawarkan melalui program flas sale pre-order pada 19 maret lalu dalam waktu 10 menit," ujar Adrie R. Suhadi, Country Leader Smartphone Division Lenovo Indonesia di Exodus, Jakarta.

Kesuksesan tersebut membuat Lenovo ketagihan. Disampaikan Adrie, tanggal 25 Maret nanti, Lazada akan menggelar flash sale tahap kedua.

Ini Smartphone Berteknologi Virtual Reality Pertama di Dunia

Diketahui, kesuksesan flash sale ini sempat populer, setelah Xiaomi memperkenalkan strategi bisnisnya itu untuk menjual produk-produk diawal kemunculannya. Dengan menggunakan cara demikian, Xiaomi mampu menggeser kepopuleran vendor global dalam waktu belia kelahiranya.

Mengenai strategi bisnis yang ditiru oleh Lenovo ini, Adrie mengungkapkan ada perbedaan flash sale yang dilakukan, baik oleh Lenovo maupun Xiaomi.

"Kami berbeda, karena kami tetap tidak meninggalkan offline," jelasnya.

Adrie belum membeberkan kapan akan menghadirkan A6000 secara offline. Sebab, saat ini ingin mengetahui permintaan konsumen di jalur online.

"Ini suatu hal yg baru (bagi Lenovo), mau tes market dulu, kita punya produk portofolio yang lebih lengkap. Untuk tahap kedua nanti kita akan siapkan puluhan ribu. Artinya minimal 10.000 unit yang disiapkan," kata Adrie.

Dari segi harganya, A6000 cukup terjangkau di kelas ponsel 4G, dimana hanya dijual Rp1,499 juta.

Terakhir, jumlah ponsel pintar yang akan digelontorkan oleh Lenovo. Adrie mengemukakan tiap kuartal, setidaknya ada dua hingga tiga unit yang akan diperkenalkan.

"Sampai akhir tahun kemungkinan ada delapan hingga 12 unit ponsel pintar. Untuk ponsel 4G, kami akan meluncurkan lima ponsel, termasuk salah satunya A6000," kata dia.

Spesifikasi A6000

Lenovo telah merancang A6000 dengan sentuhan dimensi tipis dan ringan. Ponsel ini memiliki ketebalan 8,2 milimeter dan bobot 128 gram. Dari layarnya, A6000 mempunyai ukuran layar 5 inch kualitas IPS, sehingga sudut pandang dapat dilihat hampir 180 derajat.

Smartphone dual SIM ini mempunyai dua kamera. Kamera depan dua megapiksel dan kamera utama delapan megapiksel.

Dari dapur pacunya, A6000 sudah dibenamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 dengan CPU quad-core 64-bit 1,2 GHz. Sementara untuk sistem operasinya, ponsel ini sudah Android KitKat 4.4.4. (ase)

ThinkPad P40 Yoga, Laptop 'Penolong' Desainer
![vivamore=" Baca Juga
Laptop ThinkPad Ini Cocok untuk Pekerjaan 'Berat'
:"]
[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya