Larangan Tongsis Makin Luas

Turis tengah berfoto selfie dengan tongsis
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVA.co.id - Larangan penggunaan tongkat narsis (tongsis) kian meluas. Setelah beberapa museum negara besar melarang alat persebut, kini dua festival musik besar di Amerika Serikat juga turut melarang tongsis.

Dilarang Bawa Tongsis ke Objek Wisata Ini

Dikutip dari Cnet, Senin 30 Maret 2015, dua festival musik AS, Coachella dan Lallipalooza telah resmi melarang penggunaan tongsis. Untuk diketahui, festival pertama dijadwalkan pada 12 April 2015, sedangkan festival kedua dielenggarakan 31-2 Agustus 2015.

Penyelenggara menjelaskan pengunjung dilarang membawa alat bantu pemotretan selfie atau merekam gambar.

"Perangkat bantuan GoPro seperti tongkat, tongsis dan monopod dilarang," tulis aturan Lallapalooza.

Jika pada pertunjukan sebelumnya penggunaan tongsis dlarang dengan alasan membuat pengguna lain tak nyaman, pada pada dua pertunjukan ini, larangan disertai alasan yang lebih tegas. Tongsis dianggap membuat tak nyaman karena tongkat itu bisa berada di kepala penonton, memfoto dan merekam pertunjukan.

Namun festival Coachella masih membolehkan penonton konser membawa GoPro, tapi tidak boleh disertai tiang, tongkat atau alat pemanjang lainnya.

Kebijakan yang dirilis dua pertunjukan itu menambah deret event yang melarang penggunaan tongsis.

Diketahui, sebelumya aksesori kamera gadget itu dilarang dalam festival Soundwave Australia. Lokasi musik di Inggris yaitu O2 Arena, SSE Wembley Arena dan O2 Academy Brixton, juga melarang tongsis masuk dalam arena

Promotor Soundwave, AJ Maddah dengan jelas melarang dengan alasan yang masuk akal. Kepada Fairfax, promotor itu menjelaskan tongsis mengaburkan dan menghalangi pandangan orang di belakang pengguna tongsis.

Data promotor mengungkapkan setidaknya ada 40 atau 50 tongsis yang muncul dalam pertunjukan di Melbourne dan Sydney. Sementara lokasi musik di Inggris beralasan kemampuan tongsis untuk memotret dan merekam pertunjukan dianggap melanggar kebijakan yang ada.

Pertunjukan musik Bonaroo (AS), Governors Ball (New York, AS), Sasquatch (Washington, AS) belum menyatakan sikap atas demam pelarangan tongsis itu.

Apple 'Alergi' Tongsis
![vivamore=" Baca Juga
Masuk Museum di Australia Dilarang Bawa Tongsis
:"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya