Apple Watch Diusik Problem Kulit Bertato

Apple Watch
Sumber :
  • REUTERS/Stefanie Loos
VIVA.co.id
Problem Komponen, Pengiriman Apple Watch Terlambat
- Apple kini diterpa kabar tak sedap seputar soal malfungsi produknya. Setelah beberapa waktu lalu, muncul problem bengkok pada iPhone 6, yang dikenal dengan 'bendgate', kini muncul problem pada jam tangan pintar Apple, Apple Watch. Problem tersebut dinamakan 'tattogate'.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Seorang pengguna situs forum Reddit mengungkapkan, Apple Watch tak berfungsi dengan baik pada pergelangan tangannya yang bertato. Problem itu pertama kali disampaikan pengguna Reddit dengan nama akun Guinnefan55.
Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini


"Saya berpikir jam tangan 42 mm Stainless Steel saya punya sensor detektor pergelangan yang buruk. Jam tangan akan mengunci saat layar gelap dan meminta password," tulis pengguna tersebut dikutip
The Inquirer,
Rabu 29 April 2015.


Pengguna itu mengaku heran, bingung. Terlebih setelah itu sang pengguna kehilangan semua kontak pada Apple watch.


"Saya juga tak bisa menemukan jawaban kepada setiap pengguna yang mengalami problem ini,"
tulis Guinefan55 mengeluh.


Kemudian ia makin heran saat memindahkan Apple Watch pada pergelangan tangannya yang tak bertato, Apple Watch tak terkunci. Sedangkan saat kembali dipindahkan pada pergelangan tangannya yang bertato, Apple Watch secara otomatis terkunci kembali.


Problem kulit bertato pada Apple Watch juga ditemukan oleh situs
iMore.
Situs tersebut menemukan kulit bertato juga membuat monitor detak jantung pada Apple Watch tak berfungsi.


"Apple menggunakan berbagai spektrum cahaya untuk melacak aliran darah melalui kulit Anda. Tapi ada hal, misalnya pigmen tinta pada kulit anda, itu bisa menganggu sensor,"
tulis situs tersebut.


Situs itu melanjutkan warna tinta gelap pada kulit bisa menganggu sensor sedangkan warna tinta yang terang relatif tak begitu menganggu, Ditambahkan situs tersebut, pola tato tertentu sejauh ini tak mengganggu monitor detak jantung.


Mengenai hal ini, Apple sudah memberikan komentar alasan tak berfungsinya sensor tersebut.


"Darah merefleksikan cahaya merah dan menyerap cahaya hijau. Apple Watch memadukan cahata LED hijau dengan cahaya yang sensitif fotodiode untuk mendeteksi sejumlah aliran darah melalui pergelangan Anda,"
jelas Apple.


Terkait dengan problem tato tersebut, Apple belum memberikan komentar lebih lanjut. Sedangkan sang pengguna Reddit mengaku, staf Apple sedang meneliti problem tersebut.


Problem 'tattogate' bisa dilihat pada


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya