Ponsel Lokal Ternyata Bisa Mainkan Virtual Reality

Evercoss One X dengan Cardboard
Sumber :
  • dok. istimewa

VIVA.co.id - Produsen ponsel lokal, Evercoss mengklaim jika smartphone andalannya, yang secara resmi bekerja sama dengan Google, Android One X, bisa digunakan untuk fitur yang lebih canggih. Salah satunya adalah tampilan teknologi virtual reality.

Saat One X dihubungkan dengan Cardboard, sebuah kacamata dengan rangka karton yang didistribusikan oleh IndoCardboard.com, maka tampilan tiga dimensi akan muncul.

Virtual Reality Bakal Merevolusi Industri Porno

Teknologi ini berguna untuk memainkan aplikasi 3D yang tersedia di Google Play. Untuk bisa memainkannya, pengguna juga harus menginstal aplikasi tersebut.

Namun demikian, Evercoss mengaku belum berniat untuk mem-bundling Cardboard dalam pembelian Android One X. Saat ini mereka fokus untuk mengedukasi penggemar smartphone bahwasanya sebuah teknologi canggih macam VR tidak membutuhkan perangkat dengan harga yang mahal.

"Sebenarnya kita enggak ke arah sana (virtual reality). Tapi kami ingin mengekspos kelebihan dari si One X-nya sendiri. Dengan teknologi yang ada, termasuk virtual reality, One X siap," ujar William T, Product Development Manager Evercoss, di Jakarta, Selasa 12 Mei 2015.

Namun begitu, menurut William, pasar VR di Indonesia sendiri sudah berjalan. Buktinya, banyak aplikasi seperti games yang mengandalkan teknologi ini. Bahkan antusiasme pengguna pun menganggapnya sebagai pengalaman baru.

"Orang tidak merasa, dengan smartphone harga satu jutaan, ternyata sudah ada yang siap VR. Suatu saat jika ada teknologi yang lebih canggih dari VR, smartphone ini (Android One X Evercoss) juga sudah siap," ujar William.

Dikatakannya, secara teknologi, perangkat pendukung VR hampir sama. Fitur yang dibutuhkan pun sudah ada di Android One X ini. Salah satu yang terpenting adalah Gyro Sensor, yang memungkinkan One X memainkan aplikasi 3D. Selain itu adalah dukungan kamera yang mumpuni.

"Sekarang orang hanya tahu One X untuk menelepon dan chatting. Mereka tidak tahu jika sebenarnya ada kelebihan-kelebihan yang bisa digunakan dalam One X ini, seperti terhubung dengan smart device, smart lock, bahkan smart watch," ujar William.

Evercoss One X memang dilengkapi dengan fitur smart lock, yang menjaga keamanan smartphone saat beraktivitas. Smart lock berfungsi untuk device yang sudah dipercaya pengguna.

Contohnya jika memiliki Smartwatch yang dihubungkan ke Evercoss One X maka ketika smart watch hidup, smartphone tidak akan terkunci. Bagi tempat yang sudah terpercaya, dapat memilih lokasi tertentu, smartphone tidak akan terkunci ketika anda berada di lokasi aman tersebut.

Kemudian ada smart lock untuk wajah yang sudah dikenali. Uniknya, Evercoss One X akan menyimpan bentuk wajah sehingga smartphone mengenali wajah dan tidak terkunci ketika dalam genggaman.

Akhirnya Perangkat Oculus Rift Bisa Dipesan

Sama halnya dengan wajah, suara juga dapat menjadi alat pengenal bagi Evercoss One X. Yang terakhir adalah on body detection, ketika Evercoss One X berada dalam genggaman maka smartphone tidak akan terkunci. (ase)

Lenovo luncurkan ponsel yang disematkan teknologi virtual reality, VIBE K4 NOTE, di Jakarta, Rabu (23/03/2016).

Ini Smartphone Berteknologi Virtual Reality Pertama di Dunia

Ponsel itu adalah Lenovo VIBE K4 NOTE.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016