Samsung Siapkan Penantang Apple Watch

jam tangan pintar anyar Samsung
Sumber :
  • www.sammobile.com

VIVA.co.id - Teka-teki jam tangan pintar anyar Samsung mulai terjawab. Jam tangan Gear anyar Samsung bakal hadir dengan desain bundar. Perusahaan Korea Selatan itu kemarin merilis panduan pengembangan software jam tangan pintarnya kepada para pengembang.

Seperti yang sudah terembus selama ini, jam tangan teranyar Samsung yang dikembangkan itu akan hadir dengan desain bundar. Berbeda dengan desain jam tangan pintar Samsung sebelumnya, Gear, yang berbentuk persegi.

Dikutip dari Sammobile, Rabu 13 Mei 2015, pada panduan tersebut juga sedikit menggambarkan bagaimana wujud jam tangan penerus Gear tersebut.

Dari panduan itu, jam tangan pintar Samsung itu akan hadir dengan frame dan tombol putar logam yang menyaingi Digital Crown pada Apple Watch. 

Dua Jam Tangan Ini Bisa Atur Gaya Hidup Sehat

Jam tangan akan hadir dengan luar layar sirkular 1,18 inci dengan resolusi 360x360 piksel dan kepadatan piksel per inci 305 (305 ppi). Resolusi itu sejauh ini menjadi yang tertinggi dibanding versi jam tangan pintar Samsung sebelumnya. Misalnya Gear S hadir dengan 300 ppi, dan Gear 2 dengan 278 ppi.

Selanjutnya, jam tangan Samsung itu akan dilengkapi dengan sekumpulan sensor yaitu akselerometer, gyrosensor, monitor detak jantung, sensor tekanan, dan sensor magnetik.

Untuk konektivitas, jam tangan ini memberikan opsi Wi-Fi, GPS, dan radio seluler.

Desain tombol putar jam tangan juga membuat pengguna mudah untuk menavigasi perangkat lunak yang ada di perangkat sandang tersebut. Fitur itu bisa digunakan menavigasi daftar item, menjelajahi layar, zoom in atau zoom out gambar, mengubah antarmuka sampai mengatur volume suara.

Menariknya, jam tangan pintar anyar ini bisa terhubung dengan Bluetooth seperti headset. Jam tangan ini juga bisa untuk memanggil nomor layaknya ponsel.

Pengguna, tulis Sammobile, juga memungkinkan untuk mencari berbagai elemen antarmuka dan tampilan jam tangan pintar tersebut.

Perangkat yang memiliki kode nama internal Project Orbis itu kemungkinan akan menyandang nama Gear A. Jam tangan pintar ini diharapkan rilis pada penyelenggaraan pameran elektronik tahunan, IFA 2015 di Berlin, Jerman bersama dengan rilis Galaxy Note 5.

Sebelumnya, pada akhir April lalu, Samsung mengumumkan sinyal jam tangan pintar generasi berikutnya. Samsung menyertakan foto simpel yang menimbulkan spekulasi mengenai profil singkat jam tangan yang tengah dikembangkan.

Di atas foto tersebut tertera "Get Ready for the Next Gear" dan tampil gambar jam tangan dengan model bundar besar. Foto lain, ada gambar jam tangan lain lebih kecil yang menjalankan aplikasi khusus. (art)

Smartwatch

Kuartal II-2016, Pasar Smartwatch Turun 32 Persen

Apple berada di posisi satu dengan 1,6 juta unit smartwatch.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016