Soal Dilirik Perusahaan Lain, Blackberry: Kami Tidak Tahu

Sofran Irchamni
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
BlackBerry Rilis Smartphone Android Teraman di Dunia
- Terkuak kabar bahwa BlackBerry akan diakuisisi oleh sejumlah perusahaan teknologi terkemuka. Mulai dari Microsoft, Lenovo, hingga Xiaomi santer terdengung untuk menguasai perusahaan asal Kanada ini.

BlackBerry Pangkas Harga Ponsel Berbasis Android

Mengenai kabar tersebut, Managing Director BlackBerry Indonesia, Sofran Irchamni mengatakan jika perusahaannya memang cukup menarik perhatian pesaing. Namun yang pasti bukan karena bisnis handset.
BlackBerry Tinggalkan OS BlackBerry


Menurut Sofran, perusahaan-perusahaan terkemuka jatuh hati kepada BlackBerry bukan soal perangkatnya. Melainkan, lebih kepada keunggulan keamanan yang dimiliki oleh BlackBerry yang lebih 'perkasa' ketimbang perusahaan solusi keamanan enterprise lainnya.


"Kalau mulai dilirik berarti ada sesuatu yang menarik. Kami tidak tahu itu akan terjadi tahun ini, tahun depan, atau tidak dijual sama sekali. Kami tidak tahu. Mungkin karena mereka mau menguasai software atau security yang dimiliki oleh BlackBerry. Kalau soal handset, mereka semua bisa membuatnya," ujarnya usai acara 'BlackBerry Enterprise Sharing Session' di Hotel Intercontinetal, Jakarta, Kamis, 28 Mei 2015.


Diketahui, BlackBerry yang memfokuskan diri pada bisnis enteprise ini memiliki solusi keamanan bagi korporasi melalui BlackBerry Enterprise Solutions (BES12). Selain itu juga, mereka terbilang rajin dalam mengakuisisi perusahaan keamanan, seperti SecuSmart hingga WatchDox


Sofran menyakini bahwa perusahannya ini tidak akan mudah 'dicaplok' oleh perusahaan lainnya. Sebab, sekarang BlackBerry sedang dalam masa pertumbuhan di sektor enterpise.


"Kami yakin solusi enterprise kami ini mempunyai potensi yang kalau dikembangkan, maka harganya akan lebih tinggi dari yang ditawarkan (untuk akuisisi). Mungkin sekarang belum kelihatan, tapi tahun depan bisa saja harganya lebih tinggi," tuturnya.


Smartphone paling mahal

Sofran mengaku BlackBerry terus berupaya melakukan gebrakan dalam menguasai pasar gadget kembali. Beberapa ide pun telah muncul. Salah satu ide yang akan diterapkan, yakni mengusung layar melengkung pada ponsel pintarnya itu. Desain tersebut akan menjadi salah satu kelebihan pada smartphone barunya.


"Salah satu isu yang muncul kan, nanti akan menggunakan layar melengkung. Tapi, saya tidak tahu kapan itu akan diperkenalkan," ujar Sofran.


Seperti diketahui, layar melengkung menjadi tren diminati oleh para konsumen, setelah Samsung memperkenalkan teknologi layar tersebut pada Galaxy S6 Edge.


Mengenai 'meniru' desain layar ini, bila nanti jadi diterapkan, Sofran tak bisa berkomentar lebih. Sebab, itu masih menjadi isu. Namun bila terealisasi wujud layar melengkung pada smartphone anyarnya itu, dipastikan akan menjadi yang paling mahal.


Saat ini, Sofran mengungkapkan setidaknya ada sekitar dua atau tiga ponsel lagi yang akan dihadirkan oleh BlackBerry. Ponsel tersebut akan dirancang secara premium untuk menyasar pasar menengah ke atas dan harganya di atas Rp3 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya