Ponsel 4G Lokal Masih Kalah dari Produk Global

Pabrik Ponsel di Batam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suryanta Bakti Susila

VIVA.co.id - Saat ini, Indonesia beralih menuju era internet cepat melalui 4G Long Term Evolution (LTE). Dengan jaringan tersebut, para operator gencar memperluas layanannya. Begitu pun dilakukan para vendor untuk terus memproduksi ponsel pendukung jaringan generasi keempat itu.

Namun, disayangkan, pasar gawai (gadget) khusus 4G di Indonesia ini masih didominasi oleh merek global, ketimbang nasional.

Ponsel 4G di Bawah Rp1 Juta Diluncurkan

Seperti yang dicatat oleh Telkomsel, saat ini pada lima produsen ponsel teratas yang digunakan oleh pelanggannya, semuanya dari vendor internasional.

"Market Indonesia ini masih didominasi oleh lima brand internasional, yakni Apple, Samsung, LG, Sony, dan BlackBerry," ujar Senior Vice President LTE Project Telkomsel, Hendri Mulya Syam, di Gedung Wisma Mulia, Jakarta, Rabu, 29 Juli 2015.

Dia menjelaskan, kelima produsen smartphone tersebut cukup menguasai penggunaan ponsel 4G oleh pelanggan Telkomsel.

Dipaparkannya, Apple menempati urutan pertama dengan raihan 31 persen, kemudian diikuti di belakangnya Samsung (21 persen), Sony (18 persen), LG (15 persen), dan BlackBerry (13 persen).

Sementara itu, diketahui, semenjak diluncurkannya layanan 4G pada Desember 2014, Telkomsel sudah mendapatkan angka sekitar 800 ribu pelanggan 4G. Untuk sampai akhir tahun 2015, Telkomsel menargetkan tiga juta pelanggan 4G.

"Brand Tiongkok yang murah masih belum berkontribusi, tidak terlalu naik peningkatannya, meskipun harganya murah. Kami sudah rapat dengan brand global itu untuk membantu Indonesia dengan menghadirkan ponsel 4G yang terjangkau," kata General Manager Strategy Marketing Telkomsel, Yudi C. Anwar.

Selanjutnya, mengenai potensi merek nasional yang memproduksi ponsel 4G, disampaikan Yudi, dirasa berat untuk bersaing dengan vendor global yang menghadirkan ponsel serupa.

"Dari enam bulan terakhir, ada di atas 95 ribu device (global) bundling yang dilakukan oleh Telkomsel. Itu brand besar semua. Harapannya semakin ke sini device akan semakin murah untuk mempercepat ekosistem," ucap dia. (art)

Menkominfo: Apple Mau Jualan di Indonesia Harus Bangun R&D
 Presiden Director dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat Ooredoo, Alexander Rusli (kiri)

Perlombaan Layanan 4G, Ini Pemenangnya

Speedtest.net acapkali menjadi acuan dalam hal kecepatan internet.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2016