Akhirnya Perangkat Oculus Rift Bisa Dipesan

Oculus Rift
Sumber :
  • Forbes

VIVA.co.id - Akhirnya setelah pengembangan beberapa tahun, produsen perangkat virtual reality (VR), Oculus, membuka pemesanan perangkat untuk konsumer mereka, Oculus Rift.

Perangkat itu dibanderol US$599 atau Rp8,3 juta, sudah termasuk dengan biaya pengiriman produk. Pendiri Oculus, Palmer Luckey mengumumkan pemesanan Oculus Rift itu melalui akun Twitter-nya.

"Kabar bagus untuk semuanya, saat memesan Rift, Anda juga bisa memesan Touch (pengendali Oculus Rift). Siapa yang awal memesan Rift berarti bisa memesan Touch," tulis Luckey dalam akunnya.

Sebelumnya, Touch controller disebutkan tidak akan dihadirkan bersama dengan perangkat Rift. Oculus sebelumnya mengumumkan bakal menghadirkan Touch pada kuartal kedua tahun ini.

Pemilik Oculus, Facebook, pun menyambut gembira dengan rilis Oculus Rift untuk konsumer. Chief Executive Officer (CEO) dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg menuliskan sambutannya tersebut dalam status di akun Facebooknya.

Dia mengatakan, pengguna bakal merasakan pengalaman yang berbeda saat memakai perangkat yang dikenakan di kepala tersebut. Ia meyakini, dalam jangka panjang, VR bakal mengubah cara manusia hidup, bekerja dan berkomunikasi dengan banyak hal.

Virtual Reality Bakal Merevolusi Industri Porno

Diketahui, inovasi VR hadir untuk mengubah cara pandang terhadap sebuah objek, yaitu bagaimana menghadirkan objek digital yang selama ini ada pada komputer, hadir dalam pandangan seorang secara real time. Secara ringkas, inovasi VR ingin membawa seorang pengguna untuk masuk ke dalam realitas dunia virtual yang sebenarnya.

"Saat meletakkan Oculus, Anda akan merasa seperti secara instan diteleportasi ke pengalaman seperti menyelam lautan dalam atau bermain band di sebuah panggung," tulis bos Facebook tersebut.

Oculus mengatakan, perusahaan akan menyediakan perangkat VR itu di 20 negara dan akan menyediakan produk itu pada lokasi terbatas pada ritel yang telah dipilih. Meski dikabarkan bakal tersedia April, informasinya, pengiriman produk ke pelanggan akan bisa dilakukan pada Maret 2016.

Namun, untuk jadi catatan, agar pengguna makin merasakan pengalaman maksimal menggunakan Oculus Rift, diperlukan komputer yang berkualitas untuk menjalankan perangkat. Terkait dengan hal ini, Oculus mengatakan akan menyediakan perangkat komputer yang siap dengan Oculus dipaket dengan Oculus Rift dengan harga pemesanan mulai US$1.499 pada Februari nanti.

Pemesanan Rift dilaporkan sempat mengalami masalah. Luckey mengatakan, situs Oculus mengalami problem pemrosesan pembayaran akibat tingginya pembayaran yang datang dalam waktu bersamaan.

Sementara itu, laman The Verge menuliskan harga rilis Rift untuk konsumer itu tak memuaskan banyak pencinta teknologi. Harga Rift yang dibanderol US$500an itu ratusan dolar lebih mahal dari perangkat konsol game yang ada di pasaran. Harga tersebut juga dua kali lipat dari perangat VR Oculus versi pengembangan. (art)

Lenovo luncurkan ponsel yang disematkan teknologi virtual reality, VIBE K4 NOTE, di Jakarta, Rabu (23/03/2016).

Ini Smartphone Berteknologi Virtual Reality Pertama di Dunia

Ponsel itu adalah Lenovo VIBE K4 NOTE.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016